“PAUD Kunjungan” Hadir dalam keterbatasan untuk menjawab sebuah kebutuhan

IMG_5067Taman Pintar Nurul Amal “Kunjungan” atau yang sering dipanggil “PAUD Kunjungan” yang hadir di Dukuh Sidorejo RT 02 RW 12 Desa merupakan perwujudan nyata dari misi TP Nurul Amal untuk mengupayakan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu. Semangat nan gigih dan niat yang indah untuk memberikan pelayanan kepada anak usia dini di daerah yang sukar dijangkau layanan PAUD yang lain.

Hadirnya “PAUD Kunjungan” TP Nurul Amal sejak akhir tahun 2011 lalu di Dusun Sidorejo ini tidak terlepas dari semangat dan perjuangan para pendidik, pengurus  dan dukungan dari masyarakat sekitar dan Pemerintah Desa. Hal ini terlihat dari partisipasi masyarakat terkait tempat pembelajaran “PAUD Kunjungan” yang pertama kali dengan menempati rumah ketua RT setempat dan saat ini telah mendapat ijin menempati gedung sederhana milik inventaris RT setempat. Sambutan hangat pun muncul dari para orang tua anak yang mempercayakan pendidikan anaknya di PAUD Kunjungan Nurul Amal. Antusisme warga di dusun Sidorejo untuk menyekolahkan anaknya di PAUD Kunjungan ternyata juga merambat ke dua dusun yang lain, bahkan ada anak didik yang berasal dari desa lain.

Senyum-senyum manis, tawa-tawa riang dan suara-suara penuh semangat dari anak-anak dibawah bimbingan Bunda Isti dan Bunda Sri mewarnai setiap aktifitas pembelajaran yang dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis dari jam 8 – 10 pagi waktu setempat.  Walaupun saat ini bangunan yang digunakan aktifitas pembelajaran masih terbilang sederhana, namun hal ini patut untuk disyukuri karena dapat menampung aktifitas 21 anak didik yang dibagi menjadi dua kelompok menurut usia anak. Keterbatasan tempat pembelajaran tidak menjadi penghalang kreatifitas anak didik yang ada di PAUD Kunjungan ini. Hal ini terlihat saat masuk ke dalam ruangan, terpampang jelas buah karya anak-anak yang mewarnai dinding-dinding ruangan dan menghiasi langit-langit kelas yang mereka banggakan kepada orang tuanya.

Kegiatan bermain dan belajar yang dikembangkan untuk anak, dikombinasikan antara kegiatan di dalam dan di luar kelas. Kegiatan ini dirasa menyenangkan bagi anak dan tidak membosankan. PAUD Kunjungan yang lokasinya berada di dekat area persawahan dan kebun-kebun rindang membuat kegiatan di luar kelas terasa sejuk dan membuat anak dekat dengan alam.  Kegiatan diluar kelas, antara lain seperti jalan sehat dan senam pagi, menanam biji2an, bermain permainan tradisional, bermain permainan air dan rekreasi (berenang). Kegiatan di dalam kelas antara lain mewarnai, mengenal huruf dan angka, bermain peran, bermain balok, menyanyi dan menganal huruf hijaiyah dengan Iqro.

Kisah Ibu Nining (Orang tua Rizaldi)

Ibu Naning dan dik Rizaldi

Ibu Naning dan dik Rizaldi

“ Pertama saya tahu ada PAUD disini dari musyawarah di Posyandu yang menginformasikan tentang PAUD Kunjungan ini. Alhamdulilah, anak saya sejak masuk di PAUD Kunjungan Nurul Amal tidak lagi menjadi anak yang pendiam, dia sekarang memiliki banyak teman dan menjadi anak yang riang. Dia sering menunjukan kebolehannya bernyanyi ke ayahnya. Saya beberapa kali juga mengikuti kegiatan parenting, banyak hal saya dapatkan dari kegiatan ini, misalnya saya jadi tahu mendongeng itu bermanfaat bagi perkembangan anak saya. Saya pernah meminjam buku cerita bergambar tentang cerita malangnya Si Gajah untuk saya dongengkan ke anak. Di lain hari lalu dia menceritakannya ke kakeknya dan dia bilang kalau dia merasa kasihan kepada gajah itu.”

Itulah informasi-informasi yang saya kumpulkan dari dari Bunda Isti dan Bunda Sri serta Ibu Naning, yang rencananya  saya angkat dalam profil PAUD Kunjungan TP Nurul Ilmi di Buletin. Di kesempatan itu memang saya agendakan untuk mengambil foto aktifitas dari sebelum pembelajaran dimulai sampai pelajaran diakhiri hingga selesai pembelajaran lalu berdiskusi denganorang tua anak didik dan  pendidik untuk mendapatkan gambar dan informasi mengenai PAUD Kunjungan.

Saya sempat berdiskusi dengan Pak Suwarno Ketua Pengurus Nurul Amal, terkait dengan rencana usaha dan membahas perkembangan Nurul Amal. Namun Pak Suwarno tidak dapat berdiskusi lama karena beliau ada agenda rapat di sekolah dan pertemuan membahas aplikasi data pilgub. Jadi Pak Suwarno dapat memberikan informasi terkait dengan usaha yang dulu pernah digagas terkait dengan ternak lele perlu untuk dibahas lagi bersama pengurus lainnya. Terkait dengan tanah kas desa yang telah mendapatkan ijin pakai dari Pemerintah desa telah mendapatkan pengesahan dengan surat keterangan bermaterai dan telah diterima oleh ketua.

Terkait dengan unit usaha ternak lele yang sempat digagas pendamping mencoba membicarakannya dengan Bu Lastri dan ketiga pendidik lain. Sebenarnya sudah ada yang bersedia untuk mengelola dengan lahan yang dimiliki oleh orang tua bu Lastri nemun semuanya belum dapat diputuskan sebelum ada pembahasan lebih rinci dengan pengurus.

Pendamping lalu ke rumah Ibu Win, pendidik Nurul Ilmi, untuk berdiskusi terkait dengan inisiasi PAUD Kunjungan Nurul Ilmi dan rencana audiensi dengan pemerintah desa. Namun sesampai dirumahnya, beliau tidak ada dirumah dan tidak bisa dihubungi melalui HPnya. Pendamping kemudian ke rumah Bu Lastri untuk diskusi terkait audiensi dengan kepala desa.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s