Merintis Asa Melalui Usaha

IMG_5876

Memulai bukan lah hal yang mudah, terkadang itulah yang dirasakan seseorang untuk mengawali sesuatu hal, termasuk didalam memulai usaha. Apa ya yang harus dilakukan? Kalau menurut saya yang dilakukan adalah dengan “Bangun Harapan, Wujudkan Impian dengan Inovasi”.  Seseorang yang akan memulai usaha, apapun usahanya itu harus memiliki harapan dan harapan tersebut diusahakan dalam wujud sebuah unit usaha.  Menggapai harapan untuk hidup yang lebih sejahtera di wujudkan dengan membuka sebuah usaha untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan derajat ekomoni keluargannya. Fokus usaha apa yang akan dikerjakan juga menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan. Lihat lah potensi-potensi apa yang anda punyai, tidak sebatas dana saja, tapi ingat anda juga memiliki modal social seperti jaringan relasi atau perkawanan yang bisa menjadi nilai plus anda dalam membangun usaha.

Setelah tahu jenis usaha apa yang akan dibuka lanjutkanlah dengan membangun Impian.  Bermimpilah ingin mencapai sebesar apa Usaha anda kelak. Coba visualisasikan dalam bentuk gambar. Misalnya jika ingin membuka usaha restoran, walau awalnya hanya warung makan sederhana gambar impian positif anda ankan sebesar apa restoran anda kelak, seramai apa, omzetnya berapa. Tempel gambar tersebut di tempat yang akan sering anda lihat. Secara sengaja ataupun tidak gambar tersebut akan memacu dan menginisiasi anda untuk muncul langkah-langkah/strategi anda untuk mencapai kondisi tersebut.

Dalam memulai sebuah usaha berikan bumbu inovasi didalamnya. Temukan hal yang berbeda yang akan menjadikan usaha anda memiliki ciri khas yang akan menjadi nilai plus dan daya tarik para konsumen memilih produk anda. Misalnya jika anda mau masuk di usaha kuliner berikan sentuhan lain yang akan menarik sasaran pasar produk anda, contohnya usaha “Martabak Cinta” diawali dengan nama yang unik samapaikan konsep usaha anda dengan bentuk martabak yang menyerupai lambang hati, dengan gerobak  penuh warna nyala cinta dilengkapi dengan pilihan jus dengan nama dari tema-tema cinta. Mungkin ini akan menarik sasaran konsumen dari kalangan anak muda.

Bagi pengusaha yang merintis mulai dari usaha kecil, terkadang minder dan rendah diri ketika dihadapkan dengan pengusaha besar. Hal ini jangan dijadikan hambatan tapi ubahlah menjadi sebuah tantangan. Pengusaha besar jangan dilawan begitu saja, ingat apa yang kita miliki belum sebanding untuk bersaing dengan pengusaha besar. Jadikan pengusaha besar sebagai tempat belajar. Misalnya cara pemasaran, kualitas produknya dan lain sebagainya. Bisa pula pengusaha besar jadi mitra untuk mengengembangkan usaha kita dangan cara membangun relasi usaha.

Memulai usaha memang bukan hal yang mudah namun janganlah dijadikan sulit, karena dimulai dengan hanya memikirkan hal yang sulit, mulailah mencoba jangan lupakan potensi kita. Wujudkan Impian, jangan sampai impian hanya menjadi sekedar mimpi belaka. Berani berinovasi untuk berkreasi, menjadikan sebuah ciri untuk mudah dikenali. Awali dengan doa dan rencana dan jangan lupa senyum indah hiasilah disetiap langkah anda.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s