Meningkatkan layanan Pos PAUD melalui Magang Kader

IMG_6702POS PAUD hadir sebagai sebuah sarana bagi anak-anak usia dini agar dapat memperoleh rangsangan yang baik sesuai pertumbuhan dan perkembangannya. Pos PAUD saat ini di beberapa desa mulai bermunculan. Pos PAUD yang pelaksanaannya saat ini kebanyakan bergabung dangan Posyandu kurang berjalan maksimal. Dalam pelaksanaannya lebih dominan kegiatan Posyandu yang menitikberatkan pada kesehatan dan pertumbuhan anak sedangkan sisi stimulus tumbuh kembang(edukatif) agak kurang terstimulus. Kader Pos PAUD merupakan elemen penting dalam pelaksanaan Pos PAUD sendiri, jadi perlu memiliki kapasitas untuk dapat menyusun kegiatan di dalam pelaksanaan Pos PAUD  agar unsur pertumbuhan dan perkembangannya masuk didalam setiap kegiatannya.

Berdasar pada hasil Pertemuan Konsultatif Pos PAUD yang terlaksana 22 Februari 2013 ditemukan berbagai tantangan yang di alami oleh Pos PAUD dan juga Posyandu dampingan YSKK. Salah satu tantangan nyata yang ditemui di beberapa Posyandu maupun Pos PAUD adalah masih minimnya kapasitas SDM kader Posyandu dalam mengelola kegiatan anak. Oleh karena itu perlu untuk meningkatkan keterampilan para keder Pos PAUD maupun Posyandu dalam mengelola aktivitas maupun kelembagaan  di Pos PAUD. Untukberkontribusi dalam menjawab kebutuhan ini YSKK mengadakan sebuah kegiatan dengan tajuk Magang Kader Pos PAUD.  Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Magang ini para kader Pos PAUD juga dapat praktek langsung untuk mengelola kelas maupun kelembagaan Pos PAUD.

Magang Kader Pos PAUD ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kader Pos PAUD dalam mengelola aktivitas di Pos PAUD dan meningkatkan ketrampilan kader Pos PAUD dalam menyusun rencana aktifitas di Pos PAUD. Kegiatan yang akan menggunakan metode observasi, ceramah, curah pendapat, diskusi, penugasan dan praktek ini akan dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu:

a)    Tahap I, Orientasi Magang

Di awal sesi sebagai peserta magang akan mendapatkan penjelasan mengenai maksud-tujuan Orientasi Magang serta penjelasan tentang Tahapan Aktivitas PAUD, Tahapan Tumbuh Kembang Anak, dan Pengenalan Rencana Kegiatan Harian. Konsep-konsep dasar ini diberikan untuk memberikan gambaran kepada Kader Pos PAUD mengenai aspek-aspek yang akan didalami selama proses magang.

b)   Tahap II, Observasi

Kader Pos PAUD diberi penugasan untuk mengamati Aktivitas pembelajaran di Lembaga PAUD tempat mereka magang, dan diminta untuk membuat catatan-catatan penting yang hendak ditanyakan atau diperjelas untuk didiskusikan setelah proses observasi.

c)    Tahap III, Menyusun Rencana Kegiatan Harian

Kader Pos PAUD akan difasilitasi oleh Pendidik Taman Pintar untuk mengembangkan RKH yang akan digunakan Praktek Fasilitasi Aktivitas Anak.

d)    Tahap IV, Praktek Fasilitasi

Masing-masing Kader Pos PAUD akan memfasilitasi aktivitas anak di Taman Pintar tempat mereka Magang. Pendidik Taman Pintar dan Tim YSKK akan melakukan observasi dan penilaian terhadap kader yang praktek. Catatan dan hasil praktek akan didiskusikan di sesi akhir.

e)    Tahap V, Evaluasi dan Penyusunan Rencana Aksi

Tahap ini merupakan evaluasi terhadap proses dan hasil Magang Kader Pos PAUD. Setelah itu Masing-masing Pos PAUD diminta untuk membuat RKH dan rencana implementasi RKH.

Sebagai tahapan pertama, hal yang perlu diadakan adalah melakukan orientasi belajar pada tanggal 7  Mei 2013  di TP Permata Hati. Hari pertama orientasi ini dihadiri oleh Posyandu Mawar dari Desa Karanganyar dan Posyandu Mawar Biru Desa Jatingarang  dari tahap pertama ini kader Posyandu paham substansi dan terknis serta berkomitmen dalam perlaksanaan Magang Pos PAUD.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s