Langkah Awal dalam Pengembangan Pos PAUD Berbasis Kearifan Lokal

Hadirnya Pos PAUD diberbagai wilayah menjadi nilai positif bagi perkembangan anak di usia emasnya. Anak-anak usia dini semakin termonitoing dan mendapatkan stimulus perkembangan dan pertumbuhannya. Dengan harapan agar keberadaan Pos PAUD ini semakin besar manfaat yang diberikannya perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas layanannya.  Dengan maksud inilah YSKK sebagai lembaga yang memiliki perhatian terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini mengadakan Pertemuan Sosialisasi Program, sebuah pertemuan yang menyampaikan arah pendampingan YSKK selama satu tahun kedepan.

Pertemuan Sosialisasi Program ini dilaksanakan di Pos PAUD Desa Jatingarang pada Hari Jumat 6 September 2013. Pertemuan ini dihadiri 15 orang kader dan pengelola dari Pos PAUD Mawar Biru Desa Jatingarang, Pos PAUD Tawang Indah dari Desa Tawang, Pos PAUD Mawar Desa Karanganyar, Pos PAUD Aisyiyah Desa Karakan dan Pos PAUD Cahaya Hati Desa Krajan.

Dalam pertemuan ini rekan-rekan kader dan pengelola Pos PAUD di ajak berdiskusi mengenai fungsi Pos PAUD yang beberapa waktu ini telah dirintis dan dijalankan. Dari hasil diskusi tersebut didapati bahwasanya fungsi Pos PAUD antara lain adalah sebagai sarana menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. YSKK meliahat kehadiran ke lima Pos PAUD sebagai sarana menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini memiliki dua fungsi yaitu sebagai pembuka akses pendidikan bagi anak usia dini dan sebagai komplementer atau melengkapi PAUD yang saat ini ada. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan pada kondisi anak dimana ada Pos PAUD yang anaknya memang belum mengenyam pendidikan anak usia dini baik di TK maupun KB, namun di Pos PAUD lain ada pula beberapa anak usia dini yang sudah masuk di TK atau KB namun juga ikut kegiatan di Pos PAUD.

Melihat kondisi tersebut maka untuk meningkatkan layanan di lima Pos PAUD tersebut maka akan lebih tepat bila dalam kegiatannya dimunculkan kekhasan dibandingkan PAUD yang lain. Kekhasan yang dimaksudkan adalah dengan Pengembangan Pos PAUD Berbasis Kearifan Lokal. Dalam rangka itulah maka YSKK hadir untuk memberikan pendampingan selama satu tahun kedepan. Adapun berbagai kegiatan yang diadakan untuk Pengembangan Pos PAUD Berbasis Kearifan Lokal tersebut, antara lain adalah Pengembangan Kurikulum Pos PAUD Berbasis Budaya Lokal, Pelatihan untuk Pendidik Pos PAUD, Ajang Kreativitas Pos PAUD Berbasis Budaya Lokal dan Pendampingan.

Dalam pertemuan ini disepakati pula perlu adanya pertemuan rutin bulanan bagi kader dan pengelola Pos PAUD, yang diadakan setiap hari Kamis di minggu pertama setiap bulannya. Pertemuan di Bulan Oktober akan diadakan di Pos PAUD Tawang Indah.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s