Asyiknya Berdagang

Semangat pagi kubawa Sabtu pagi itu. Sejuknya semilir angin, dan sinar mentari yang menembus diantara awan di langit nan cerah menemani perjalananku ke Pos PAUD Aisyiyah yang terletak di dusun Gangin, Desa Karakan, Weru. Bertemu dengan teman-teman kecil yang riang bermain bersama dengan para bunda kader Pos PAUD.

Pedagang adalah subtema dari kegiatan anak-anak di pagi itu. Anak-anak dikenalkan mengenai pekerjaan dengan diajak berperan menjadi seseorang yang berprofesi sebagai pedagang. Anak-anak  diajak untuk memainkan peran dalam kegiatan  jual dan beli. Para bunda membuat kegiatan yang berbeda, untuk jalur/jalan yang diilalui untuk membeli barang-barang divariasi dengan menggunakan bentuk gambar bidang engklek.  Anak-anak diajak melompat melewati rintangan garis-garis pada bidang engklek untuk menuju ke tempat belanja yang sudah menyediakan buah dan sayur (yang berbentuk gambar-gambar).

Kegiatan selanjutnya bunda mengajak anak-anak untuk mewarnai gambar buah dan sayur lalu digunting. potongan gambar buah dan sayur tersebut digunakan dalam kegiatan jual beli. Anak-anak memerankan sebagai seorang pedagang dan bunda sebagai pembeli. Bunda berbelanja ke pedagang buah dan sayur dengan menggunakan daun sebagai alat pembayarannya. Anak-anak begitu bersemangat saat barang dagangannya dibeli dan dapat habis terjual.

Kegiatan bermain sambil belajar seperti diatas akan bermanfaat bagi perkembangan anak. Perkembangan fisik motorik anak akan terstimulus dengan melompat melewati rintangan dengan menggunakan satu/dua kaki. Kegiatan  ini juga menambah pengetahuan anak mengenai bangun persegi, macam-macam buah dan sayur. Aspek bahasa juga akan terrangsang dengan anak dapat mengerti dan melaksanakan perintah sederhana dari bundanya yaitu mengambil benda dengan melewati jalur yang diminta. Sosial emosional anak juga dapat terstimulus yaitu dengan mengajarkan anak untuk bersabar menunggu giliran saat bermain bersama teman-temannya.  Dengan bermain peran sebagai pedagang, anak-anak juga dapat belajar terkait proses jual dan beli.

Setelah kegiatan anak, diadakan kegiatan parenting education yang mengengkat tema Manfaat Mendongeng bagi anak.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s