Belajar dari Fasilitator dan Peserta ToT Fasilitator Pendidikan Politik Perempuan

Mendasarkan pada tantangan kesadaran politik perempuan di desa yang masih rendah khususnya di Kabupaten Gunungkidul, Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) terdorong untuk mengambil bagian dalam menguapayakan peningkatan kapasitas politik perempun di desa. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melatih kader-kader perempuan muda (PKK, KPMD, anggota BPD) menjadi fasilitator pendidikan politik bagi perempuan di desa masing-masing dalam sebuah Training of Trainer (ToT) atau Pelatihan untuk Pelatih Pendidikan Politik Bagi Perempuan. Harapannya mereka siap memberikan penyadaran-penyadaran politik kepada kaum perempuan di desa masing-masing, sehingga perempuan-perempuan di desa siap berpartisipasi dalam politik dan pemerintahan desa.
ToT yang dilaksanakan pada hari Selasa – Kamis, 22 – 24 April 2014 di Hotel Lampion, Solo tersebut bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman eserta tentang Hak Hak Ekosob & Sipol Warga Negara, dan untuk meningkatkan Ketrampilan Peserta tentang Teknik Fasilitasi pendidikan politik perempuan. Kegiatan yang dihariri 31 perempuan yang berasal dari 12 Desa ini diharapkan menghasilkan keluaran, yaitu peserta siap menjadi fasilitator pendidikan politik perempuan dan Tersusunnya Agenda Penyadaran Hak Ekosob & sipol perempuan di masing – masing Desa.
Pelatihan ini menggunakan metodologi partisipatif dengan pendekatan pendidikan orang dewasa (andragogi). Dengan metodologi ini memungkinkan adanya partisipasi yang penuh dari peserta, sehingga dengan adanya partisipasi ini diharapkan akan mempermudah peserta dalam memahami materi – materi yang akan dibahas. Secara teknis beberapa metode yang digunakan untuk memaksimalkan proses pembelajaran ini adalah sebagai berikut : Ceramah, Tanya Jawab, Curah Pendapat, Permaianan, Diskusi Kelompok, Diskusi Pleno, Penugasan dan Praktek Fasilitasi.

Dalam kesempatan ini saya juga gunakan sebagai media belajar saya khususnya dalam praktek fasilitasi. Saya belajar langsung dari Kangsure, masternya fasilitator YSKK bagaimana mempraktekkan teknik-teknik fasilitasi baik dalam bina suasana maupun dalam penyampaian materi. Banyak teknik-teknik fasilitasi yang langsung dipraktekkan dan menjadi contoh nyata bagi saya. Selain keterampilan dua hal penting yang tak kalah penting yaitu sikap dan penguasaan substansi fasilitator menjadi hal penting setiap memfasilitasi.

Selain belajar dari fasilitator saya juga belajar dari teman-teman peserta, yang juga memiliki pengalaman pula dalam memfasilitasi. Khususnya saat praktek-praktek fasilitasi saya memang luangkan waktu untuk dapat memperhatikan di sesi ini. Pertama saya memperoleh pembelajaran dari peserta dari sisi teknik fasilitasi mereka dari teknik yang sudah baik dan juga belajar dari kekurangan mereka. Kekurangan yang mungkin pernah kita temui saat praktek fasilitasi pula. Kedua saya belajar dari masukan- masukan dari Kangsure selaku fasilitator dalam mennggapi kekurangan peserta saat praktek fasilitasi.

Sebuah kesempatan yang mungkin jarang ditemui, belajar dari peserta, teman dan fasilitator yang berpengalaman.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s