Pendampingan Pertemuan Kader Pos PAUD

Pertemuan Kader Pos PAUD, pada hari Senin 7 April 2014 dilaksanakan di Pos PAUD Mawar. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Tiga Kader Pos PAUD yaitu Pos PAUD Mawar, Pos PAUD Mawar Biru dan Pos Paud Aisyiyah.

Pertemuan Siang Itu membahas mengenai persiapan kegiatan ajang kreatifitas budaya local. Pendamping menyampaiakan mengenai garis besar ajang kreatifitas budaya local yang akan menampilkan kreatifitas anak – anak usia dini di lingkup sukoharjo. Dari diskusi siang itu, teman-teman kader Pos PAUD, yang sudah beberapa kesempatan mengintegrasikan budaya lokal di Pos PAUD memperoleh gambaran terkait dengan kreasi apa yang akan ditampilkan dalam kegitan tersebut. Dari yang selama ini sudah diterapkan teman-teman Pos PAUD ada beberapa macam budaya lokal yang diintegrasikan di kegiatan PAUD seperti jamuran yang dikreasikan dengan gerak dan lagu, tari jaranan dan tari kelinci yang masih sederhana variasi gerakannya.

Setelah pertemuan kader Pos PAUD, Pendamping menemui Pak Sarwi, salah seorang Pengurus Taman Pintar. Pendamping menyampaiakan informasi terkait dengan kegiatan Seminar “Sinergi Membangun Paud Berbasis Masyarakat” yang akan menyampaiakan terkait dengan sinergi yang sudah terjadi antara Masyarakat, YSKK dan Dinas Pendidikan Kabupeten Sukoharjo dalam mengembangkan Taman Pintar sebagai sebuah lembaga PAUD yang berbasis masyarakat. Berkenaan dengan hal itu pendamping menyampaikan permohonan narasumber secara lisan kepada PAK Sarwi untuk berkenan menjadi narasumber dari perwakilan taman Pintar untuk berbagi pengalaman mengenai Pengelolaan Taman Pintar.

Pak Sarwi secara lisan menerima dan berkenan untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut selama tidak bersamaan dengan kegiatan rapat pleno terkait pemilu di tingkat kecamatan Weru. Kalau bersamaan waktunya dengan rapat tersebut beliau menyampaikan bahwa tidak bisa menjadi narasumber dalam seminar.

Setelah pertemuan dengan Pak Sarwi, pendamping ke rumah salah satu kader Pos PAUD Tawang Indah untuk menyampaikan terkait hasil pertemuan Pos PAUD. Beliau akan mengkoordinasikannya dengan teman-teman kader Pos PAUD lain untuk persiapan berpartisipasi dalam kegiatan ajang kreatifitas budaya lokal. Dari kunjungan itu pula pendamping memperoleh cerita bahwasannya anak-anak Pos PAUD Tawang Indah pada minggu lalu berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu model dengan menampilkan atraksinya joget jaranan. Senang rasanya mendengar cerita dari Ibu Trisni sambil menunjukan foto-foto anak-anak Pos PAUD saat tampil dalam acara tersebut.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s