Mendidik Moral Anak dengan Budaya Lokal

Mempunyai anak yang tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan pintar adalah dambaan para orangtua. Orang tua berusaha memenuhi asupan makanan yang bergizi bagi buah hatinya. Menu empat sehat lima sempurna seakan menjadi jargon yang telah medarah daging untuk memenuhi kebutuhan sang buah hati agar dapat tumbuh sehat. Para orang tua juga berlomba-lomba memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah yang dianggap terbaik. Peralatan yang berteknologi semacam handphone atau komputer pun tak luput diberikan untuk menunjang sarana belajarnya. Tak lain dengan harapan agar anaknya menjadi anak yang pintar dan tak ketinggalan zaman serta dapat menjadi kebanggan bagi orang tuanya.

Namun kondisi di era keterbukaan ini, anak-anak secara tidak langsung juga disuguhkan tayangan-tayangan yang kurang mendidik dari televisi maupun internet. Hal ini menjadi tantangan tersendiri juga bagi orangtua. Orangtua harus mencari strategi untuk membentengi putra-putrinya agar tidak mendapatkan dampak negatifnya.

Anak-anak memerlukan asupan lain untuk membentuknya menjadi anak yang sehat, pintar dan memiliki kepribadian yang baik pula. Asupan yang diperlukan adalah pendidikan moral. Pendidikan moral diharapkan dapat menstimulus anak untuk dapat berkembang menjadi anak yang berkepribadian baik. Pesan-pesan moral kepada anak akan semakin tepat bila diberikan sejak usia dini. Di usia dini inilah landasan awal dan menentukan bagi seorang anak, karena di saat inilah perkembangan seorang manusia mengalami fase yang pesat.

Memberikan pendidikan moral kepada anak sejak usia dini perlulah diberikan dengan strategi yang tepat. Orangtua di rumah dan pendidik di sekolah diharapkan tak menjejali anak-anak hanya dengan ceramah dan ceramah saja, sehingga anak akan bosan dan dikhawatirkan akan menutup diri terhadap nasehat yang disampaikan orangtua. Pesan moral yang diberikan kepada anak diharapkan disampaikan di saat yang menyenangkan dan santai sehingga pesan yang disampaikan dapat diresapi dan tertanam kepada anak.

Lalu dengan cara apakah ? budaya lokal yang ada disekitar kita bisa menjadi salah satu solusi. Lagu dolanan ataupun dongeng bagi anak bisa menjadi strategi menyampaikan pesan moral yang menyenangkan. Dengan mengambil waktu, saat anak-anak bermain baik di rumah atau disekolah dan saat anak-anak menjelang tidur, pesan moral dapat disampaikan ke anak.

Dalam momentum Hari Anak Nasional 2014 ini menjadi waktu yang baik untuk membangun kesadaran semua komponen masyarakat tentang pentingnya budaya lokal bagi pendidikan moral anak, maka Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) mendampingi pegiat pendidikan anak usia dini (Pendidik Taman Pintar dan Orang tua Anak Usia Dini di Pos PAUD) untuk melakukan kampanye melalui media radio komunitas dalam bentuk Talkshow yang bertemakan “Mendidik Moral dengan Budaya Lokal”.

Adapun pembicara dalam talkshow ini adalah bunda Yatmini dari Pendidik Taan Pintar Permata Hati dan Ibu Tri Asih Ningtyas dari orangtua salah satu anak usia dini. Talkshow dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 24 Juli 2014 atau sehari setelah Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli di salah satu radio Komunitas di Kecamatan Weru yaitu radio Kalimas FM.

“ Dengan budaya lokal, bisa mendidik moral anak usia dini, misalnya dengan bahasa jawa halus, lagu maupun permainan tradisional” ungkap Bunda Yatmini pendidik TP Permata Hati Desa Ngreco saat siaran Talkshow di Radio Kalimas FM pada tanggal 24 Juli 2014.

Durasi untuk talkshownya memang hanya sekitar 30 menit, namun untuk persiapan yang dilakukan membutuhkan waktu sekitar satu setangah jam. Mulai dari koordinasi dengan penyiar/moderator dari radio, pemilihan lagu selingan dan backsound saat talkshow hingga teknis runtutan komunikasi. Sehingga malah jadi tahu bagaimana membuat sebuah acara di siaran radio.

 

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s