Pos PAUD, Melihat Capaian Perkembangan untuk Merencanakan Impian Kedepan

Pos PAUD adalah bagian dari  Satuan PAUD Sejenis yang merupakan PAUD Informal. Pos PAUD yang tumbuh dari kegiatan Posyandu, hadir untuk menjawab kebutuhan anak usia dini terkait dengan proses stimulasi perkembangan anak. Posyandu yang selama ini menjadi garda penting dalam proses monitoring pertumbuhan balita. Stimulasi kesehatan pertumbuhan anak usia dini, mulai dari pemberian vitamin, monitoring berat dan tinggi badan serta penyuluhan dan konsultasi kesehatan ibu dan balita menjadi nilai-nilai positif dari kegiatan Posyandu. Untuk semakin melengkapi proses simulasi di Posyandu perlu pula ada stimulasi terhadap perkembangan anak. Munculnya Pos PAUD berperan dalam proses stimulasi dalam aspek perkembangan kognitif, motorik, social-emosional, bahasa maupun seni.

Pos PAUD dampingan dari YSKK tersebar di lima Desa yang ada di Kecamatan Weru. Kelima Pos PAUD ini mempunyai cirikhas dibandingkan dengan Pos PAUD atau lembaga PAUD lainnya. Kekhasan yang dimiliki adalah kegiatannya sangat kental dengan aroma budaya Lokal. Stimulasi budaya lokal yang diintegrasikan dalam kegiatan Pos PAUD yang selama kurang lebih satu tahun ini yaitu mulai dari tarian/gerak dan lagu anak tradisional, permainan/dolanan anak lokal, dongeng maupun bahasa daerah. 

Dua Pos PAUD pertama adalah Pos PAUD Mawar yang ada di  Ngepung, Desa Karanganyar dan Pos PAUD Mawar Biru yang berada di Dukuh Sarehan, Desa Jatingarang merupakan dua Pos PAUD yang hadir untuk menjawab kebutuhan akan keterbatasan layanan Lembaga PAUD. Jauhnya akses akan lembaga PAUD membuat para kader Posyandu mengembangkan layanan Pos PAUD. Niat baik mereka ternyata bak gayung bersambut dengan harapan para orangtua yang menginginkan anak-anaknya mendapatkan didikan yang baik sejak usia dini, keceriaan anak-anak dan perkembangan yang mereka alami, membuat Pos PAUD ini berkembang baik. Kegiatan anakpun saat ini rutin terlaksana 3 kali dalam seminggu dan sekitar 55 anak usia dini telah mendapatkan stimulasi pertumbuhan dan perkembangannya selama satu tahun ini di dua Pos PAUD tersebut.

Sedangkan tiga Pos PAUD lainnya adalah Pos PAUD Tawang Indah yang ada di Desa Tawang, Pos PAUD Aisyiyah yang berada di Desa Karakan dan Pos PAUD Cahaya Hati yang berada di Desa Krajan. Pos PAUD Tawang Indah dan Aisyiyah ini melakukan kegiatan setiap satu kali seminggu dan Pos PAUD Cahaya Hati setiap satu bulan sekali. Ketiga Pos PAUD ini berperan sebagai suplemen/tambahan proses stimulasi bagai anak usia dini di wilayah tersebut. Kenapa demikian ? karena sebagian dari anak-anak yang ada di ketiga Pos PAUD ini sudah bersekolah di TK atau Kelompok Bermain. Suplemen/tambahan yang dimaksud adalah tambahan stimulasi perkembangan anak dengan menggunakan budaya lokal, yang jarang mereka temui di TK/KB-nya.

Kehadiran kelima Pos PAUD ini telah menjadi warna tersendiri bagi layanan PAUD di kecamatan Weru. Kehadiran merekapun juga memberi makna yang besar bagi perkembangan anak. Salah satu contohnya ada di Pos PAUD Mawar Desa Karanganyar, saat ini telah menghantarkan 20 anak didiknya ke jenjang TK. Dengan banyaknya anak yang telah melanjutkan ke TK, maka kawan-kawan pendidik Pos PAUD telah melakukan hal yang luar biasa, hal yang membuat bangga dan hal yang berharga bagi anak-anak didik tersebut. Anak-anak yang saat ini telah melanjutkan ke TK telah dihantarkan dengan satu tahapan stimulasi perkembangan yang membuat mereka tumbuh dan berkembang dengan baik dan lebih siap untuk mengikuti kegiatan di TK. Bentuk nyata dari pengakuan kemanfaatan dari keberadaan PoS PAUD dalam stimulasi untuk anak-anak di Pos PAUD diperoleh salah satu pendidik Pos PAUD, ketika ada Guru TK yang maridnya berasal dari Pos PAUD Mawar mengatakan bahwa anak-anak dari Pos PAUD Mawar lebih berani saat mengikuti kegiatan di TK. 

Ada juga respon dari orangtua terkait anak-anaknya yang lulus dari Pos PAUD dan melanjutkan ke TK yang disampaikan kepada para pendidik :

“Orangtua merasa senang, melihat perkembangan anaknya yang sudah berani sekolah sendiri dan berani tampil di depan umum sehingga saat memasukkan ke TK lebih tenang.” Ungkap ibu Yuni pendidik Pos PAUD Mawar Biru Jatingarang pada 4 Juli 2014 yang lalu.

Beberapa capaian berharga telah diraih Pos PAUD, tentunya perjuangan kawan-kawan pendidik /kader Pos PAUD tidak hanya berhenti di situ saja. Lulusan pertama telah di hantarkan mari sambut tahun berikutnya dengan penuh harapan, harapan yang mengimpikan Pos PAUD berkembang lebih baik dan semakin membawa manfaat.

Memasuki tahun ajaran 2014-2015, Pos PAUD perlu untuk merencanakan kegiatannya dengan baik. agar harapan membawa Pos apaud berkembang lebih baik dan lebih bermanfaat dapat tercapai. Untuk merencanakan kegiatan selama satu tahun kedepan, maka Pos PAUD perlu mengawalinya dengan melihat sejuh mana kondisnya saat ini. 

Pertemuan kader Pos PAUD yang diadakan pada hari Jumat, 8 Agustus 2014 yang bertempat di Desa Tawang, digunakan untuk menyampaikan rencana kegiatan workshop evaluasi dan perencanaan yang akan dilakukan pada bulan Agustus 2014 ini. Bersama dengan pendamping YSKK, 9 kader dari 4 Pos PAUD diminta untuk melihat kondisi terkini di Taman Pintar, khususnya selama satu tahun terakhir. Dan agar informasi yang dikumpulkan mengenai kondisi terkini di Pos PAUD ini dapat lengkap maka akan didiskusikan di masing-masing Pos PAUDnya bersama pendidik dan pengurus.

Mengidentifikasi kondisi Pos PAUD dilihat dari beberapa aspek antara lain: Sumber Daya Manusia (pengurus dan pendidik), pengelolaan keuangan dan organisasinya, jaringan, kegiatan layanan kepada anak usia dini dan parenting education. Dengan melihat secara keseluruhan aspek tersebut, Pos PAUD akan mengetahui seberapa besar sumber daya yang dikerahkan untuk mencapai tujuan diproses perencanaan nantinya.

 

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s