Anak didik di 5 Pos PAUD di awal tahun ajaran 2014-2015

Pos PAUD dampingan dari YSKK tersebar di lima Desa yang ada di Kecamatan Weru. Kelima Pos PAUD ini mempunyai cirikhas dibandingkan dengan Pos PAUD atau lembaga PAUD lainnya. Kekhasan yang dimiliki adalah kegiatannya sangat kental dengan aroma budaya Lokal. Stimulasi budaya lokal yang diintegrasikan dalam kegiatan Pos PAUD yang selama kurang lebih satu tahun ini yaitu mulai dari tarian/gerak dan lagu anak tradisional, permainan/dolanan anak lokal, dongeng maupun bahasa daerah.

Dua Pos PAUD pertama adalah Pos PAUD Mawar yang ada di  Ngepung, Desa Karanganyar dan Pos PAUD Mawar Biru yang berada di Dukuh Sarehan, Desa Jatingarang merupakan dua Pos PAUD yang hadir untuk menjawab kebutuhan akan keterbatasan layanan Lembaga PAUD. Jauhnya akses akan lembaga PAUD membuat para kader Posyandu mengembangkan layanan Pos PAUD. Niat baik mereka ternyata bak gayung bersambut dengan harapan para orangtua yang menginginkan anak-anaknya mendapatkan didikan yang baik sejak usia dini, keceriaan anak-anak dan perkembangan yang mereka alami, membuat Pos PAUD ini berkembang baik. Kegiatan anakpun saat ini rutin terlaksana 3 kali dalam seminggu dan sekitar 55 anak usia dini telah mendapatkan stimulasi pertumbuhan dan perkembangannya selama satu tahun ini di dua Pos PAUD tersebut.

Sedangkan tiga Pos PAUD lainnya adalah Pos PAUD Tawang Indah yang ada di Desa Tawang, Pos PAUD Aisyiyah yang berada di Desa Karakan dan Pos PAUD Cahaya Hati yang berada di Desa Krajan. Pos PAUD Tawang Indah dan Aisyiyah ini melakukan kegiatan setiap satu kali seminggu dan Pos PAUD Cahaya Hati setiap satu bulan sekali. Ketiga Pos PAUD ini berperan sebagai suplemen/tambahan proses stimulasi bagai anak usia dini di wilayah tersebut. Kenapa demikian ? karena sebagian dari anak-anak yang ada di ketiga Pos PAUD ini sudah bersekolah di TK atau Kelompok Bermain. Suplemen/tambahan yang dimaksud adalah tambahan stimulasi perkembangan anak dengan menggunakan budaya lokal, yang jarang mereka temui di TK/KB-nya.

Memasuki tahun ajaran 2014-2015, Pos PAUD perlu untuk merencanakan kegiatannya dengan baik. agar harapan membawa Pos PAUD berkembang lebih baik dan lebih bermanfaat dapat tercapai. Untuk merencanakan kegiatan selama satu tahun kedepan, maka Pos PAUD perlu mengawalinya dengan melihat sejuh mana kondisnya saat ini.

Pertemuan kader Pos PAUD yang diadakan pada hari Selasa, 9 September 2014 yang bertempat di Pos PAUD Mawar Karanganyar,Mengidentifikasi kondisi Pos PAUD dilihat dari beberapa aspek antara lain: Sumber Daya Manusia (pengurus dan pendidik), pengelolaan keuangan dan organisasinya, jaringan, kegiatan layanan kepada anak usia dini dan parenting education.

Dari data terkini di Pos PAUD, satu bagian yaitu mengenai anak didik di Pos PAUD. Pada Bulan September ini Di Pos PAUD Mawar melayani 22 anak terdiri dari 14 anak laki-laki dan 8 anak perempuan, Pos PAUD Tawang Indah 24 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 17 anak perempuan, Pos PAUD Mawar Biru 21 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 11 anak perempuan, Pos PAUD Cahaya Hati 16 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s