Identifikasi Anak Didik Lima Taman Pintar DI Tahun ajaran Baru

Taman Pintar telah empat tahun ini melayani anak usia dini di Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Memasuki di tahun ajaran yang ke lima, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi ke lima taman pintar untuk dapat menguatkan keberadaanya sebagai sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.

Taman Pintar sebagai Lembaga PAUD tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan. Berkenaan dengan itu TP harus mampu melihat kondisinya saat ini, nilai plus dan nilai minus apa yang dimiliki. Sehingga mereka mampu menjadikan nilai lebihnya untuk semakin menguatkan kualitasnya dan memperbaiki aspek-aspek yang masih dirasa kurang baik. Proses evaluasi ini merupakan proses awal yang perlu dilakukan sebelum melakukan perencanaan. Sehingga titik awal untuk berbenah dan merencanakan berbagai hal yang lebih baik dapat terdefinisikan.

Pertemuan Pendidik TP pada hari Jumat, 5 September 2014. Pertemuan tersebut dihadiri pendidik dari lima Taman Pintar. Pertemuan Pendidik ini digunakan untuk melihat kondisi terkini di Taman Pintar, khususnya selama satu tahun terakhir. Satu tahun terakhir adalah sebuah momentum dimana Taman Pintar dituntut untuk semakin mandiri dalam mengelola diri.

Mengidentifikasi kondisi taman pintar dilihat dari beberapa aspek antara lain : Sumber Daya Manusia (pengurus dan pendidik), kegiatan layanan kepada anak usia dini dan parenting education, pengelolaan keuangan dan organisasinya serta  jaringan yang telah dibangun. Dengan melihat secara keseluruhan aspek tersebut, TP akan mengetahui seberapa besar sumber daya yang dikerahkan untuk mencapai tujuan diproses perencanaan nantinya.

Dari salah satu aspek yang diidentifikasi adalah anak didik yang dilayani di tahun ajaran 2014-2015

berikut jumlah anak didik yang dilayani baik di Taman Pintar :

TP Candi Asri (26), TP Nurul Amal (25 anak didik), TP Pamardiyoga (26) sudah hampir seimbang antara rasio pendidik dan anak didik (1 : 10), sedangkan 2 Taman Pintar masih belum seimbang, TP Permata Hati (15) dan TP Nurul Ilmi (12), sehingga masih perlu dimaksimalkan perekrutan anak didiknya, rencana yang akan dilakukan TP Nurul Ilmi akan kembali membuka PAUD Kunjungan di daerah Jatiwayah, sedangkan untuk TP Permata Hati akan melakukan perluasan wilayah sosialisasi penerimaan anak didik ke Desa Weru dan Karangmojo.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s