Pembelajaran dari Pelatihan Seni Menggalang Partisipasi Masyarakat Desa (Saluran Komunikasi)

Berkaitan pada bulan November-awal Desember pendamping tugas untuk fasilitasi dua pelatihan di Garut dan Solo dengan segala persiapannya kegiatannya, berimbas terbatasnya waktu pendamping untuk melakukan pendampingan dan monitoring langsung ke Taman Pintar dan Pos PAUD.

Hal yang coba dilakukan untuk menjembatani ini dengan komunikasi melalui telepon. Ternyata ketika ditengah kemepetan ada jalan yang muncul yang sebelumnya tak kita perhatikan. Saat di pelatihan di Garut memfasilitasi sesi  yang didalamnya membahas tentang saluran-saluran/media komunikasi untuk pembambangunan desa, salah satunya dengan memanfaatkan facebook.

Nah jadi ingat Salah satu Pos PAUD yaitu Mawar Biru, pendamping pernah ingat salah satu pendidik di Pos PAUD ini menampilkan kegiatan anak-anak di akun facebooknya. Coba saya komentari foto itu. eh ternyata mereka langsung menanggapi komentar saya. Sejak saat itu tak hanya satu pendidik tapi pendidik-pendidik lain sering menampilkan kegiatan-kegiatan foto-foto anak-anak di Pos PAUD. Orangtua yang punya facebookpun ikutan berkomentar melihat kegiatan anaknya saat bermain dan belajar, ada juga yang tanya perkembangan anaknya lewat facebook.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s