Membangun Komunikasi dengan Praktisi PAUD (dalam Penyusunan Panduan Kegiatan PAUD Terintegrasi Budaya Lokal)

Tumbuhnya PAUD dari perkotaan hingga pedesaan membawa angin segar bagi generasi emas penerus bangsa. Anak-anak yang masih berusia dini semakin termonitoring dan terstimulus perkembangan dan pertumbuhannya. Lembaga PAUD yang ada saat ini dalam proses stimulasinya memiliki kekhasan masing-masing. Ada yang berbasis alam yang sering disebut dengan PAUD Alam, ada pula yang berbasis bahasa. 5 Pos PAUD yang saat ini menjadi dampingan YSKK juga memiliki ciri khas dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang bagi anak usia dini. Dengan memanfaatkan kekayaan yang ada di lingkungan sekitar kita yang belum dimanfaatkan untuk proses stimulasi tumbuh kembang anak. Kekayaan yang dimaksud adalah warisan budaya lokal yang ada disekitar kita. Budaya lokal yang berwujud dolanan anak, tembang anak, bahasa jawa halus, sopan santun “unggah ungguh” dan beraneka jenis kesenian diintegrasikan dalam kegiatan PAUD.

Stimulasi tumbuh dan kembang anak dengan mengintegrasikan budaya lokal di dalam kegiatan PAUD memiliki beberapa hal positif. Dengan pengintegrasian budaya lokal di kegiatan PAUD bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mensyukuri aset luhur bangsa yang berwujud kebudayaan. Budaya lokal yang tercermin dalam berbagai aktifitas-aktifitas keseharian yang dekat dengan kehidupan masyarakat termasuk anak-anak dan orangtua, sehingga akan lebih mudah didalam pelaksanaanya di Lembaga PAUD. Budaya local juga dapat menstimulasi anak untuk berkembang menjadi anak yang memiliki sopan santun. Budaya lokal yang salah satunya berwujud permainan dan lagu anak tradisional dekat dengan dunia anak yaitu dunia bermain, peralatan yang digunakan pun cenderung murah dan banyak yang tersedia di alam, sehingga pengintegrasiannya dalam proses stimulasi di kegiatan PAUD bisa berjalan baik.

Selama perjalanan Pos PAUD mengintegrasikan budaya lokal dalam layanan PAUD ditemui adapula tantangan-tantangan yang harus dihadapi. Tantangan mengintegrasikan berbagai permainan dalam rencana pembelajaran masih dihadapi teman-teman pendidik/kader. YSKK sebagai pendamping PAUD yang menggunakan budaya lokal dalam stimulasi tumbuh kembang anak mencoba menanggapi kesulitan yang dihadapi kawan-kawan pendidik. Salah satu yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan Panduan Kegiatan PAUD Berbasis Budaya Lokal. Sebuah panduan yang berisikan budaya lokal yang berwujud dalam berbagai macam permainan yang dilengkapi dengan lagu tradisional yang dapat diintegrasikan dalam kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini dan bagaimana cara untuk mengintegrasikannya ke dalam kegiatan PAUD. Diharapkan dengan adanya panduan ini dapat memberikan alternatif bagi para pendidik PAUD baik Formal, Non Formal ataupun informal.

Sampai dengan saat ini draft Panduan Kegiatan PAUD Berbasis Budaya Lokal telah tersusun. Agar draft panduan tersebut nantinya lebih mudah digunakan oleh para pelaku PAUD semisal pendidik maupun para kader, Pada hari Selasa tanggal 16 Desember 2014 pendamping membangun komunikasi dengan Bu Giyarni seorang Praktisi PAUD di Sukoharjo. Bertempat di PAUD Mutiara Insan, pendamping berbincang dengan bu Giyarni mengenai panduan yang saat ini dikembangkan yang berisi berbagai permainan tradisional dan tembang tradisonal untuk anak usia dini dan bagaimana pengintegrasiannya dalam kegiatan PAUD. Bu Giyarni menanggapi bahwa pengintegrasian budaya lokal dalam kegiatan PAUD sangat berpeluang untuk dilakukan. Terkait draft panduan secara sepintas beliau memberikan tanggapan “Kalau menurut saya, saran sih modul ini kan keluar setelah adanya Kurikulum 2013, maka alangkah baiknya merujuk pada kurikulum K-13 yang ada, yang saat ini sedang disosialisasikan …”. Namun beliau akan mempelajari lebih lanjut draft modul yang sudah ada. Beliau minta waktu untuk mempelajari dan memberi masukan secara tertulis sampai dengan hari Sabtu, 20 Desember 2014. Pendamping akan kembali bertemu Bu Giyarni untuk menindak lanjuti hal tersebut pada hari sabtu minggu ini di Sukoharjo.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s