Pertemuan “Refleksi Kinerja Layanan PAUD di Kecamatan Weru”

Tumbuhnya berbagai lembaga PAUD dari perkotaan hingga pedesaan membawa angin segar bagi generasi emas penerus bangsa. Anak-anak usia dini semakin termonitoring dan terstimulus perkembangan dan pertumbuhannya.  Hal ini juga terjadi di Kecamatan Weru, lebih dari 50 Lembaga PAUD ada di Kecamatan yang memiliki wilayah berbukit-bukit dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Klaten, Wonogiri dan Gunungkidul itu. Tentulah bukan hal mudah begitu banyaknya lembaga PAUD yang hadir untuk melayani anak usia dini di daerah tersebut. Peran berbagai pihak yang ada baik dari Pemerintah, Masyarakat maupun Organisai Masyarakat Sipil memegang peranan penting dalam upaya peningkatan akses layanan PAUD.

Tahun 2014 akan segera berlalu, alangkah sayangnya jika berbagai pengalaman pelayanan anak usia dini berlalu begitu saja. Cerita-cerita baik dan tantangan-tantangan yang ditemui dalam perjalanan melayani anak usia dini di daerah tersebut akan sangat bermakna bila dijadikan pembelajaran penting didalam peningkatan kinerja layanan PAUD di tahun 2015 mendatang.

Yayasan Satu Karsa Karya sebagai salah satu Organisasi Masyarakat Sipil yang sejak tahun 2009 lalu berkarya bersama masyarakat di Kecamatan Weru dalam peningkatan kualitas hudup anak usia dini, mengadakan sebuah kegiatan untuk merefleksikan kinerja layanan Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Weru, dalam sebuah Pertemuan Refleksi Kinerja Layanan PAUD di Kecamatan Weru. Dalam pertemuan ini akan duduk bersama para stakeholder Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Weru. Kegiatan ini bertujuan Merefleksikan kinerja layanan Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Weru dan untuk Menyusun rekomendasi peningkatan kualitas layanan Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Weru. Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang yang berasal dari berbagai unsure, antara lain pendidik dan Pengurus Lembaga PAUD, UPTD Pendidikan Kecamatan Weru, Kepala Desa dan Perwakilan Kantor Kecamatan Weru.

Kegiatan diawali dengan pengantar kegiatan yang memaparkan tentang gambaran alur proses dan keluaran yang diharapkan dalam kegiatan ini. Dilanjutkan dengan Diskusi Panel “Kinerja Layanan PAUD di Kecamatan Weru”. Diskusi panel ini menghadirkan narasumber dari UPTD Pendidikan Kecamatan Weru , Drs. Sumardi selaku Penilik PAUD. Dilanjutkan dengan Refleksi Taman Pintar dan Pos PAUD. Fokus Refleksi pada identifikasi praktek baik Taman Pintar dan Pos PAUD dalam memberikan pelayanan PAUD dari segi pengelolaan kegiatan, pengelolaan sumber daya, partisipasi masyarakat dan jaringan. Tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini dan Apa strategi Taman Pintar dan Pos PAUD di tahun 2015 untuk peningkatan kualitas pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan diakhiri dengan Menyusun Rekomendasi kedepan terkait dengan pengembangan PAUD di Kecamatan Weru.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s