Musyawarahkan Langkah untuk Keberlangsungan Mawar Biru

Pos PAUD Mawar Biru, semakin berkembang dalam melayani anak usia dini di wilayah sekitarnya. Layanan untuk anak usia dini saat ini dilaksanakan tiga kali dalam seminggu. Pembelajarannya pun semarin baik seiring semakin seringnya pendidik mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas diri pendidik di berbagai kesempatan maupun workshop dan seminar, termasuk juga mengikuti workshop Kurikulum 2013 PAUD yang diadakan HIMPAUDI Weru di awal tahun ini. Kegiatan untuk orang tua yang tercermin dalam kegiatan parenting education juga rutin dilaksanakan sebulan sekali. Dukungan dari beberapa pihakpun juga mengalir seiring manfaat nyata yang dirasakan masyarakat sekitar, dukungan dari pemerintah desa, orangtua, tokoh agama dan tokoh masyarakat juga berperan menjaga keberlangusngan layanan PAUD ini.

Mawar Biru yang mengikuti Kegiatan Refleksi Kinerja Layanan PAUD di Kecamatan Weru pada akhir tahun lalu, mendorong kawan-kawang pendidik dan pengelola untuk merapatkan barisan untuk semakin menjaga eksistensi Mawar Biru dengan segera memiliki ijin operasional dari Dinas Pendidikan. Senin, 23 Februari di Mawar Biru diadakan pertemuan Pendidik dan Pengelola untuk membahas eksistensi Mawar Biru kedepannya. Pertemuan yang dihadiri 6 pendidik dan pengurus ini mambahas menganai pilihan bentuk lembaga yang akan diajukan ijin operasional, syarat-syarat pengurusan ijin operasional Kelompok Bermain, pembentukan kepengurusan baru serta penyusunan langkah-langkah pengurusan ijin operasional.

Dari pertemuan tersebut disepakati bahwa ijin operasional Mawar Biru berbentuk Kelompok Bermain dibawah pemerintah desa, pemilihan ini karena didasarkan pada lebih cepat mendapatkan akses (pendataan pendidik dan akses program/dana dari Pemerintah).  Terkait untuk identifikasi syarat-syarat yang sudah dipenuhi dan syarat yang belum dipenuhi, yang masih perlu ditindak lanjuti adalah peningkatan jumlah anak didik yang dilayani (walaupun sudah memenuhi, namun terlalu riskan, karena baru 21 anak), surat ijin penggunaan tempat, dan review kurikulum. Kepengurusan di Mawar Biru saat ini telah dilengakapi mulai dari Penlindung, Penasehat, Ketua, Sekretaris, Bendahara, Anggota dan Pendidik. Ketua Pengurus diamanahkan kepada Ibu Sri Suwarti. Langkah-langkah pengurusan ijin yang disepakati adalah penyusunan visi-misi, review kurikulum, pengurusan surat-surat dan penyusunan proposal pengajuan ijin operasional dan konsultasi dengan Dinas Pendidikan (UPTD dan Kabupaten).

Semoga dengan niat mulia pengurusan ijin operasional ini Mawar Biru semakin diakui dan terjaga keberlanjutannya dalam melayani anak-anak generasi emas di Kecamatan Weru. Ayo terus bersemangat Mawar Biru, tebarkan wangimu untuk mencetak generasi-generasi unggulan.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s