Unit Usaha Strategi Menopang Keberlanjutan PAUD Taman Pintar

Pertemuan Refleksi Unit Usaha Taman Pintar, Desa Ngreco, 12 Maret 2015.

Pertemuan Refleksi Unit Usaha Taman Pintar, Desa Ngreco, 12 Maret 2015.

Pendirian Lembaga PAUD diberbagai daerah menjadi dampak positif dalam upaya peningkatan kualitas hidup anak usia dini. Namun, di dalam semangat melahirkan lembaga PAUD tersebut harus difikirkan pula bagaiman PAUD yang dilahirkan tetap bertahan seiring berjalannya waktu. Hal itu tak lepas pula di terapkan pada lima Taman Pintar dampingan dari YSKK.

Taman Pintar sebagai lembaga PAUD pastilah tak akan terus-menerus didampingi oleh YSKK. Harapan agar semakin mandiri dalam mengelola diri, maka perlu ada strategi yang tepat. Kemandirian yang diharapkan salah satunya adalah dalam memenuhi kebutuhan operasionalnya. Perlu ada strategi khusus yang perlu dilakukan agar ada sumber pemasukan bagi Taman Pintar. Dan strategi yang dilakukan salah satunya dengan menjalankan unit usaha.

Pada tahun 2012 Taman Pintar melalui sebuah Workshop Perencanaan Usaha, pengurus dan pendidik berkumpul merancang unit usaha yang sesuai dengan potensi di wilayahnya masing-masing. Berdasar workshop tersebut akhirnya Lima Taman Pintar mengembangkan Lima Unit Usaha. Ada yang jenis usahanya sama ada pula yang berbeda. Tiga Taman Pintar yang memiliki unit usaha yang sama adalah Taman Pintar Nurul Ilmi, Nurul Amal dan Pamardi Yoga. Sedangkan Permata Hati mengembangkan unit usaha Gaduhan Kambing dan Candi Asri dengan Usaha Amrah dan Bagi Hasilnya.

Seiring berjalannya waktu unit usaha tersebut mengalami perkembangan dan secara berkala diadakan evaluasi untuk melihat sejauhmana perkembangannya serta kemanfaatnnya bagi Taman Pintar. Pertemua Refleksi Unit Usaha Taman Pintar yang terbaru diadakan pada hari Kamis, 12 Maret 2015. Dihadiri oleh 13 pengurus, pendidik dan pengelola unit usaha lima Taman Pintar dan 3 pendamping dari YSKK. Siang itu direfleksikan perkembangan dan tantangan disetiap Taman Pintar.

Setiap Taman Pintar melalui pengelola usaha/pendidik dan pengurus memaparkan perkembangan usahannya, hasil yang dicapai sampai saat ini tantangan apa yang dihadapi dalam pengelolannya. Setelah itu dibahas rekomendasi untuk rencana tindak lanjutnya dan target apa yang ingin dicapai di di tahun 2015 disetiap Unit Usaha  Taman Pintar.

Berikut ini beberapa target yang ingin dicapai Unit Usaha  Taman Pintar :

Taman Pintar Permata Hati :

  • Mengurai benang yang kusut, terkait kejelasan posisi keuangan unit usaha.

Taman Pintar Nurul Ilmi :

  • Pembaharuan pengelola unit usaha, karena ada pengelola lama yang sudah tidak aktif.
  • Penanganan kredit macet.

Taman Pintar Pamardi Yoga :

  • Tindak lanjut penanganan kredit yang macet.
  • Pembahasan terkait Struktur pengelola baru dan cara kerjanya.
  • Belajar pengelolaan usaha untuk pengelola yang baru.

Taman Pintar Nurul Amal :

  • Penyelesaian kredit macet.
  • Penambahan pengelola unit usaha

Taman Pintar Candi Asri :

  • Menyalurkan pinjaman sebesar 3 juta per bulan.
  • Pengembangan unit usaha lain (jamur tiram).
  • Menyusun rencana usaha jamur dalam 2 bulan ke depan.

Untuk menindaklanjuti target yang ingin dicapai di masing-masing  unit usaha di Taman Pintar maka akan di lakukan koordinasi di setiap Taman Pintar.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s