Mengelola PAUD Berbasis Masyarakat oleh Masyarakat

Pengelolaan sebuah Lembaga PAUD berbasis masyarakat pastilah bertumpu pada pengurus dan pendidik yang berasal dari unsur masyarakat pula. Begitu pula PAUD Mawar Biru, pada hari Rabu, 8 April 2015 yang lalu melakukan musyawarah untuk menyusun kepengurusan langkap lembaga PAUD. Pos PAUD Mawar Biru yang mengalami perkembangan baik selama dua tahun ini, diharapkan semakin kuat secara kelembagaan.

PAUD yang berkembang dari kegiatan Posyandu ini berada di dusun Sarehan Desa Jatingarang. Sebuah daerah perbukitan di Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo yang berada di perbatasan langsung dengan kabupaten Wonogiri dan Gunungkidul. Di daerah ini jauh dari akses terhadap lembaga PAUD. Sehingga anak-anak usia dinipun menemui kendala untuk mendapatkan layanan stimulasi tumbuh kembang yang mudah dijangkau. Hal ini lah yang melatar belakangi para kader posyandu untuk mengembangkan layanan PAUD di Posyandu wilayah setempat.

Sebelum membuka layanan PAUD di Posyandu, para kader mendapatkan beberapa pelatihan dari YSKK, Seperti Pelatihan Pengelolaan Pos PAUD, Pelatihan fasilitator Parenting Education. Selain pelatihan, kader juga diikutkan dalam kegiatan Magang di Lembaga PAUD. Proses pendampingan juga menjadi hal yang menentukan untuk merealisasikan hasil dari pelatihan dan magang untuk diterapkan di Pos PAUD.

Gayung bersambut, dukungan masyarakat sekitar pun cukup terasa. Takmir Masjid di wilayah setempat memberikan ijin untuk salah satu ruangan digunakan untuk kegiatan PAUD. Orang tua yang memiliki anak usia dinipun mengikutkan anaknya di Pos PAUD tersebut. Para orangtua merasa beruntung anak-anaknya dapat bermain sambil belajar bersama teman sebayanya dibawah bimbingan para bunda pendidik/kader Pos PAUD. PKK, Bidan Desa dan Mahasiswa pun secara bergantian berpartisipasi untuk mengisi kegiatan Parenting Education bagi orang tua dan pengasuh anak usia dini.

Kegiatan untuk anak usia dini semakin rutin. Dari awalnya yang hanya sebulan sekali saat posyandu. Lalu setelah adanya sosialisasi kepada orangtua meningkat menjadi 2 kali dalam seminggu. Bahkan karena adanya permintaan dari orangtua untuk menambah hari, saat ini kegiatan di PAUD Mawar Biru rutin tiga kali dalam seminggu. Kegiatan anak berjalan mulai jam 7.30 – 09.30 WIB setiap Senin, Rabu dan Sabtu. Stimulasi perkembangan anak dari berbagai aspek, mulai dari kognitif, motorik, social-emosional, bahasa dan seni. Ciri lain yang menjadi kekhasan Pos PAUD ini terlihat dari kegiatannya yang kental dengan budaya lokal. Kegiatan budaya lokal yang diintegrasikan dalam kegiatan PAUD antara lain dolanan anak, lagu anak tradisional, tari, dongeng dan bahasa daerah. Anak didik di Pos PAUD Mawar juga telah tampil membawakan gerak dan lagu dolanan anak di dalam di Talkshow “Budaya Lokal yang Mengglobal dalam PAUD” di Kabupaten Sukoharjo. Pos PAUD ini juga telah menghantarkan beberapa anak didiknya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

“Orangtua merasa senang, melihat perkembangan anaknya yang sudah berani sekolah sendiri dan berani tampil di depan umum sehingga saat memasukkan ke TK lebih tenang.” Ungkap Bunda Yuni pendidik di Pos PAUD Mawar Biru Jatingarang.

Pos PAUD Mawar Biru yang berkembang baik ini tentu saja tak lepas dari peran kawan-kawan pendidik yang berperan sebagai garda depan dari PAUD ini dalam memberikan yang terbaik bagi anak-anak di usia emasnya. Dengan semangat untuk menjadi insan yang bermanfaat bagi sesama, para kader posyandu tersebut dengan jiwa sukarela mengabdikan karyanya untuk dunia PAUD.

Untuk menjaga perkembangan positif PAUD Mawar Biru bersama segala kemanfaatan yang diperoleh seiring kehadirannya. Dibutuhkan adanya partisipasi dari berbagai unsur Masyarakat dan Pemerintah Desa untuk merawat dan menjaga keberlangsungan berjalannya PAUD Mawar Biru melalui sebuah kepengurusan. Pada hari Rabu, 8 April 2015 lalu diadakan musyawarah guna pembentukan kepengurusan PAUD Mawar Biru. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Jatingarang, Tokoh Pendidikan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pendidik Pos PAUD. Dari hasil musyawarah disepakati untuk kepengurusan diamanahkan kepada:

  • Pelindung : Kepala Desa Jatingarang
  • Penasehat : 1. Kepala Dusun setempat, 2. Ibu Sri Suwarti (Tokoh Pendidikan)
  • Ketua : Bapak Slamet (Tokoh Agama)
  • Sekretaris : Bapak Aziz (Tokoh Pendidikan)
  • Bendahara : Bapak Janto (Tokoh Agama)
  • Anggota : 1. Ibu Kurniawati (Praktisi PAUD), 2. Ibu Dwi Arsini (Praktisi PAUD)
  • Pendidik : 1. Bunda Yuni, 2. Bunda Tari, 3. Bunda Umu

Harapan disematkan kepada para pengurus untuk mempersiapkan rencana PAUD Mawar Biru untuk mengurus ijin operasional Kelompok Bermain ke Dinas Pendidikan yang sebelumnya telah disepakati. Hal ini menjadi harapan untuk  menguatkan kelembagaan PAUD Mawar Biru agar semakin mendapatkan perhatian dari Dinas Pendidikan dan Pemerintah.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s