Menggagas Wadah Apresiasi Bagi Anak Usia Dini

Jumat, 22 Mei 2015 PAUD Taman Pintar, Pos PAUD dan YSKK berdiskusi di Aula Kantor UPTD Kecamatan Weru menggagas kegiatan yang bertajuk “Pentas Apresiasi Budaya Anak Usia Dini” sebagai wadah apresiasi bagi anak usia dini dan untuk mengkampanyekan integrasi budaya lokal dalam kegiatan PAUD.

Pendidikan dan budaya adalah dua hal yang memiliki ikatan kuat. Ikatan yang ada diatara pendidikan dan budaya mengandung maksud bahwa pendidikan itu merupakan proses pembudayaan. Dan melalui pendidikanlah terjadi transfer nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Kondisi di era globalisasi yang semakin terbukanya budaya-budaya luar untuk masuk dan kemudian saling berbaur, sehingga batasan masing-masing budaya semakin tipis. Penyebaran kebudayaan ini disatu sisi mengakibatkan budaya–budaya lokal/tradisional dalam masyarakat semakin dilupakan, budaya-budaya baru ini lebih populer dan berhasil merebut hati masyarakat di era saat ini. Sehingga mengakibatkan terjadinya pengikisan nilai – nilai budaya lokal dalam masyarakat.

Persoalannya bagaimanakah agar budaya lokal tidak tercerabut dari akarnya? Pendidikanlah yang diyakini memiliki peranan penting dalam melestarikan dan mewariskan budaya sesuai dengan karakter masyarakat itu sendiri. Pendidikan merupakan sebuah proses untuk menjadi manusia yang berkebudayaan, maka pendidikan itu sendiri harus mengandung tata nilai budaya. Ini membuktikan bahwa pendidikan menjadi harapan yang dapat berperan sebagai media yang efektif untuk mentransfer nilai-nilai yang terkandung dalam budaya tersebut.

Pendidikan di usia dini sendiri diyakini memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan kemampuan dan sikap dasar bagi seorang anak sejak berada di usia emasnya. Maka menjadi strategis bila Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini menggiatkan kembali budaya lokal di dalam proses bermain sambil belajarnya anak. Budaya lokal yang diintegrasikan dalam proses kegiatan secara tidak langsung akan menanamkan tata nilai kepribadian bangsa kepada anak, sehingga dalam jangka panjang akan membentuk orang yang berkarakter kebangsaan.

Terkait dengan itu Yayasan Satu Karsa Karya bersama dengan 10 Lembaga PAUD di Kecamatan Weru selama dua tahun terakhir telah mengembangkan proses integrasi budaya lokal didalam kegiatan stimulasi tumbuh kembang anak. Dolanan tradisional, geguritan, bahasa daerah, tari serta gerak dan lagu tembang-tembang anak tradisonal mewarnai keceriaan anak-anak di dalam proses bermain sambil belajar.

Momentum di akhir tahun ajaran 2014-2015 ini, PAUD Taman Pintar, Pos PAUD dan YSKK menggagas akan mengadakan kegiatan bertajuk “Pentas Apresiasi Budaya Anak Usia Dini” sebagai wadah apresiasi bagi anak usia dini dan untuk mengkampanyekan integrasi budaya lokal dalam kegiatan PAUD. Pentas Apresiasi Budaya Anak Usia Dini ini merupakan kegiatan yang akan menampilkan keberanian, kreatifitas, kelincahan dan semangat anak-anak usia dini yang akan ditampilkan melalui berbagai jenis bentuk budaya seperti tari, gerak dan lagu dolanan, geguritan dan tembang. Kegiatan ini juga mengambil momentum tahun ajaran 2014-2015 sehingga akan ada acara pelepasan anak didik yaitu penyerahan kembali anak didik dari lembaga PAUD kepada orangtua.

Pada koordinasi yang dihadiri pendidik dari 9 PAUD ini juga telah membantuk panitia kecil yang terdiri dari pendidik, tenaga kependidikan dari Taman Pintar dan Pos PAUD berkolaborasi dengan YSKK. Acara pentas direncanakan akan diadakan pada Sabtu, tanggal 13 Juni 2015 bertempat di Pendopo dan halaman Kantor Kecamatan Weru dengan mengundang orangtua anak didik dan segenap stakeholder pendidikan anak usia dini di Kecamatan Weru.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s