Pengorganisasian Narasumber Workshop Perencanaan PAUD

Akses Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo semakin terbuka. Hal ini dapat dilihat dari jumlah Lembaga PAUD yang cukup tinggi. Sebagaimana data dari Himpaudi Kecamatan Weru di akhir tahun ajaran 2014-2015 ada 22 Kelompok Bermain (KB), 21 TK, 2 TPA dan 8 Pos PAUD. Bagi masyarakat khususnya orang tua semakin banyak mendapatkan pilihan untuk menyekolahkan anaknya di Lembaga PAUD. Bagi lembaga PAUD tak terkecuali bagi Taman Pintar dan Pos PAUD hal ini menjadi sebuah tantangan karena harus kompetitif dengan Lembaga PAUD lain yang ada saat ini.

 

Melihat kecenderungan kompetitif di atas, kualitas layanan menjadi hal penentu eksisnya sebuah Lembaga PAUD. Taman Pintar dan Pos PAUD dalam dua tahun terakhir telah mengembangkan layanan pembelajaran yang khas untuk peningkatan kualitas PAUD. Kekhasan tersebut terlihat dengan mengintegrasikan budaya lokal dalam proses stimulasi tumbuh kembang anak usia dini. Kekhasan lain adalah layanan tidak hanya diberikan kepada anak namun juga kepada orangtua/pengasuh anak usia dini, melalui program Parenting Education yang diagendakan rutin dengan berbagai materi seputar anak dari beragam narasumber.

 

Sebuah lembaga PAUD agar dapat berkelanjutan dibutuhkan pula kepekaan menangkap peluang strategis yang ada. Salah satu peluang yang saat ini muncul terkait dengan disahkannya Undang-Undang No.6 tahun 2014 Tentang Desa. Taman Pintar dan Pos PAUD sebagai Lembaga PAUD yang berbasis masyarakat dan berada di wilayah perdesaan perlu melihat sejauh mana Undang-Undang tersebut dapat berkontribusi kepada PAUD. Jejaring dengan Pemerintah dan Masyarakat juga perlu diperkuat dalam upaya memajukan dan menjaga keberlanjutan PAUD ini.

 

Penguatan di manajemen lembaga PAUD juga perlu dilakukan untuk menjaga keberlanjutan. Perencanaan menjadi sebuah keniscayaan dan memegang peranan penting dalam manajemen lembaga PAUD. Perencanaan ditempatkan sebagai panduan sekaligus alat kontrol perkembangan sebuah organisasi. Perencanaan harus melihat secara keseluruhan aspek yang menggerakkan Lembaga PAUD seperti: Sumber Daya Manusia (pengurus dan pendidik), keuangan dan organisasinya, jaringan, dan tentunya program layanan kepada anak usia dini. Dengan melihat secara keseluruhan aspek tersebut, Lembaga PAUD akan mengetahui seberapa besar sumber daya yang perlu dikerahkan untuk mencapai tujuan.

 

 

Dengan semangat untuk menjaga keberlanjutan Taman Pintar dan Pos PAUD, maka perlu dipersiapkan dengan matang terkait peningkatan kualitas layanan pembelajaran dan penguatan kelembagaannya. Melihat kebutuhan ini, Taman Pintar dan Pos PAUD perlu Merancang keberlanjutan lembaga PAUD dari aspek program pembelajaran dan aspek kelembagaan PAUD secara matang.

Perencanaan tersebut dilakukan dalam Sebuah “Workshop Perencanaan PAUD”. Untuk memberikan tambahan informasi dan inspirasi bagi pendidik dan pengurus yang terlibat dalam workshop ini maka akan dihadirkan Narasumber dari PAUD yang sudah menerapkan metode pembelajaran yang mengintegrasikan budaya lokal untuk stimulasi tumbuh kembang anak usia dini.

Pada hari Sabtu 30 Oktober lalu, pendamping berkunjung ke PAUD Alam Anak Pintar di Karanganyar untukbertamu dengan Ibu Ana Pendidik di PAUD tersebut untuk mengajukan permohonan narasumber. Pendamping menjelaskan latar belakang dan gambaran pelaksanaan Workshop serta kepesertaannya. Setelah beliau paham, beliau berkenan untuk menjadi salah satu narasumber dalam workshop Perencanaan PAUD. Materi yang akan disampaikan mengenai “Berbagi Pengalaman mengintegrasikan budaya lokal untuk kegiatan PAUD”.

Pemilihan PAUD Alam Anak Pintar dari Karanganyar didasari atas beberapa pertimbangan. Pertama PAUD ini kentas sekali dalam memanfaatkan kekayaan alam sekitar untuk pembelajaran anak. Sering mengadakan kegiatan budaya, seperti pentas seni untuk anak-anak. Parenting Education yang dikembangkan untuk kegiatan orangtua juga diadakan dengan media yang menyengkan seperti outbund dengan wali murid.

Semoga dengan kesediaan dari Bu Ana dari PAUD Alam Anak Pintar menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Perencanaan PAUD kan memberikan inspirasi, semangat dan pengetahuan bagi pengurus dan pendidik Taman Pintar dan Pos PAUD untuk memanfaatkan kekayaan lokal disekitar PAUD untuk stimulasi tumbuh kembang anak usia dini.

 

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s