YSKK Audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo

Yayasan Satu Karsa Karya adalah  sebuah organisasi masyarakat sipil melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo pada hari Kamis 10 Maret 2015. Bertempat di Ruang Rapat Asisten II Setda Sukoharjo, Kunjungan YSKK diterima oleh Bagian Bina Sosial Setda Sukoharjo. Hadir dalam audiensi tersebut beberapa SKPD terkait perempuan dan Anak, antara lain Dinas Pendidikan, Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bagian Pemerintah Desa Setda dan Kantor Kesbangpol.

Audiensi ini bertujuan untuk menguatkan komunikasi antara Yayasan Satu Karsa Karya dengan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo; serta membangun peluang sinergi dalam membangun Kebupaten Sukoharjo.

Audiensi diawali dengan perkenalan dan paparan mengenai profil YSKK oleh Kangsure Suroto, direktur YSKK. Disampaikan bahwa YSKK lahir sebagai sebuah organisasi yang bekerja “untuk” dan “bersama” masyarakat terpinggirkan-tidak berdaya khususnya ANAK dan PEREMPUAN. YSKK sebagai bagian dari masyarakat yang melengkapi salah satu kekuatan dalam pembagunan yaitu kekuatan sosial.

Sejak kelahirannya pada 12 Mei 2001, YSKK telah berkarya dalam berbagai program antara lain, —di bidang ekonomi kerakyatan : Program Pengembangan Koperasi Perempuan Pengrajin Gerabah di Nusa Tenggara Barat tahun 2003-2005; —Program Ekonomi Kerakyatan Berbasis Berbasis Perempuan  di Gunungkidul, DI.Yogyakarta  tahun 2009- sekarang; —Gerakan pemberdayaan perempuan pengrajin tenun di Kupang- Nusa Tenggara Timur tahun 2015- sekarang.

Sedangkan di bidang pemberdayaan perempuan, antara lain Program Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Musrenbangdes melalui Penguatan PKK di Kabupaten Gunungkidul tahun 2009. Bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi perempuan dalam Musrenbangdes; Program Memperkuat Keterwakilan Perempuan dalam Politik Lokal di Gunungkidul tahun 2013 – sekarang. Bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi perempuan dalam Pemerintahan desa.

Selain itu, ada juga dibidang pendidikan antara lain —Program Pendidikan Gender di Sekolah (TK dan SD) di Surakarta dan Karanganyar tahun 2003-2008.; Program Sekolah MANTAP (Manajemen transparan, akuntabel dan partisipatif) di Surakarta, Lampung dan Gunungkidul tahun 2012- 2015; Program Taman Pintar-Taman Tumbuh Kembang Anak sebagai Pusat Pembelajaran Anak Usia Dini yang Berbasis Masyarakat di Sukoharjo tahun 2009-sekarang.

Program yang akan dilaksanakan pada 2016 khususnya di Kabupaten Sukoharjo yaitu Program PAUD Ramah Anak, dikembangkan sebagai upaya untuk menciptakan layanan pendidikan anak usia dini yang anti diskriminasi, anti kekerasan, lingkungan yang sehat dan partisipatif. Pada tahun 2016 ini akan dikembangkan indikator dan model PAUD yang Ramah Anak di Kabupaten Sukoharjo. Pengembangan PAUD Ramah Anak ini selaras dengan Program Kabupaten Layak Anak yang dicanangkan di Kabupaten Sukoharjo.

Dalam Audiensi ini disampaikan pula program-program di kabupaten Sukoharjo terkait dengan perempuan dan anak yang disampaikan oleh ibu Wuryani. Adapun Program Pemberdayaan Perempuan antara lain; Pendidikan politik perempuan, Pelatihan peningkatan ekonomi perempuan, Pelatihan untuk penganggaran responsif gender untuk SKPD-SKPD, Pelatihan pengurus PPT (Pusat Pelayanan Terpadu), Program Pengarusutamaan Gender. Sedangkan Program Perlindungan Anak, tahun ini kami menyusunan Perda tentang perlindungan anak. Pembentukan Forum Anak Sukoharjo, Sanggar belajar anak bekerjasama dengan CSR, dan Peningkatan Strata Kabupaten Layak Anak.

Dari audiensi ini akan ditindaklanjuti ke SKPD terkait untuk membangun kerjasama pelaksanaan program khususnya Pengembangan PAUD Ramah Anak.

—

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s