Berbagi Inspirasi dengan Dongeng

“….solutif, bisa dinikmati dan mengandung pesan moral itulah tiga syarat utama dongeng yang menarik” tutur kak Muhammad Nasyir seorang pendongeng asal Surakarta yang hadir sebagai narasumber dalam Kegiatan Temu Inspirasi Pendidik. Sebuah pertemuan bagi Pendidik PAUD yang mengupas berbagai tema seputar Pendidikan Anak Usia Dini.

Peran Pendidik tentunya sangatlah penting bagi setiap anak didik di PAUD. Sebagai seorang pendidik, idealnya mampu memfasilitasi aktivitas yang dapat membantu menumbuhkan pola pikir dan membentuk budi pekerti bagi anak. Media dongeng diyakini menjadi media yang menyenangkan dan ramah bagi anak untuk menanamkan pengetahuan dan nilai-nilai moral melalui cerita yang dibawakan. Nasehat-nasehat yang disematkan melalui dongeng diyakini dapat lebih mudah dan nyaman diterima oleh anak.

Mendasarkan pentingnya mendongeng bagi anak usia dini dan untuk meningkatkan kapasitas pendidik PAUD dalam menggunakan media dongeng, melalui Temu Inspirasi Pendidik yang berlangsung pada 23 April 2016 lalu menangkat  tema “Teknik Mendongeng untuk PAUD”. 23 Pendidik PAUD dari 10 Lembaga PAUD dampingan Yayasan Satu Karsa Karya hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di PAUD Permata Hati, Desa Ngreco Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo tersebut. Kak Muhammad Nasyir dari Istana Dongeng Nusantara selaku narasumber memberikan Tips dan Trik bagaimana mendongeng yang menarik di PAUD.

“teknik menyajikan dongeng yang menarik itu cuma CAS CIS CUS. Cipta Aksi Super (CAS) digunakan untuk membuka dongeng bisa dengan lagu, pantomim atau suara lucu yang menarik perhatian. Sedangkan Cipta Imajinasi Super (CIS) untuk menyampaikan materi dongeng dan Cipta Usulan Super (CUS) adalah teknik untuk menutup dongeng” terang kak Nasyir dalam pertemuan tersebut.

Kegiatan tersebut dikemas tak hanya dengan ceramah, namun juga dengan curah pendapat dan praktek. Sehingga pendidik dapat mempraktekkan berbagai teknik mendongeng yang telah disampaikan. Dari kegiatan ini pula pendidik mampu membuat dongeng untuk anak usia dini yang dapat di terapkan di PAUDnya masing-masing.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s