Sekolah Ramah Anak di Mata Orang Tua

 

“PAUD yang ramah buat anak itu ya gurunya ramah, belajarnya menyenangkan, jauh dari jajanan yang tidak sehat dan arena bermain untuk anak juga mendidik” komentar para orangtua di PAUD Nurul Amal ketika ditanya pendamping YSKK, seperti apa PAUD yang ramah anak itu.

Sekolah sebagai salah satu lingkungan bagi pendidikan anak, sudah semestinya pula menjadi salah satu tempat terbaik, teraman dan ternyaman bagi anak-anak didiknya. Saat ini program sekolah ramah anak sedang digaungkan dari pusat hingga di daerah. Sekolah ramah anak merupakan sebuah satuan pendidikan yang mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak, dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, dan mekanisme pengaduan.

Pelaksanaan program sekolah ramah anak perlu dilakukan mulai dijenjang Pendidikan anak usia dini. PAUD merupakan jenjang pendidikan pertama seorang anak mengenal lingkungan sekolah dan diharapkan menjadi pelopor layanan pendidikan yang ramah untuk anak didiknya. Berkualitas atau tidaknya seseorang di masa dewasa sangat dipengaruhi oleh stimulasi pendidikan yang diterima di masa usia keemasannya (0-8 tahun). Agar diusia emasnya anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan segala keceriaannya perlu memastikan pendidikan mereka tanpa ada kekerasan, tanpa ada rasa takut sehingga anak mampu mengekspresikan dan mengaktualisasikan dirinya secara positif dalam berbagai bentuk. Oleh karena itu penerapan program sekolah ramah anak di jenjang PAUD ini menjadi kebutuhan bersama untuk mewujukan pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan untuk anak sejak dini.

Selasa, 26 April 2016 lalu pendamping berbincang dengan beberapa orangtua di PAUD Nurul Amal. Obrolan ini menjadi salah satu tahapan YSKK dalam mengembangkan PAUD Ramah Anak. Ada sekitar 5 orangtua yang ikut ngobrol tentang PAUD yang aman, nyaman dan menyenangkan untuk anak. Orang tua berpandangan terkait kriteria pendidik PAUD yang ramah anak. Seperti yang disampaikan para orangtua berikut ini:

” Bunda di PAUD itu ya Pinter, Ngemong, Sabar, Keibuan,…… juga punya wawasan luas, adil dan bijaksana”

Dimata orangtua sekolah yang ramah itu memperhatikan kesehatan dan keamanan anak. Orang tua berpandangan sekolah yang sehat dan aman itu memiliki fasilitas tolilet yang bersih, tidak licin dan airnya mengalir; ventilasi udara di ruang kelas baik; pencahayaan yang mencukupi; terhindar dari makanan yang tidak sehat; aman dari jalan raya dan permainan yang aman dan mendidik.

Pandangan orangtua diatas mengenai PAUD Ramah Anak merupakan cerminan harapan akan PAUD yang aman, nyaman dan menyenangkan untuk melayani tumbuh kembang anak di usia emasnya.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s