Temu Inspirasi Disusun Berdasarkan Kebutuhan Pendidik PAUD

” Pendidik perlu untuk ditingkatkan kreatifitas dan ketrampilannya membuat APE dari barang-barang bekas “ usulan Bunda Any Fitriyani, pendidik PAUD Pamardi Yoga saat diskusi merumuskan materi bahasan kegiatan TIPS.

Diskusi yang membahas materi yang akan dimasukkan dalam  Temu Inspirasi (TIPS) Pendidik PAUD itu dilaksanakan pada Kamis 26 Mei 2016 di KB Taman Pintar Pamardi Yoga. Pertemuan ini dihadiri oleh 13 orang pendidik dampingan YSKK dan 2 orang tim YSKK. Pertemuan kali ini membahas mengenai kebutuhan peningkatan kapasitas pendidik yang ramah anak. Diharapkan dengan berbasis pada kebutuhan Pendidik, TIPS akan semakin bermanfaat dan dapat diimplementasikan di PAUDnya masing-masing. Sehingga pertemuan dapat dijadikan sebagai ajang meningkatkan kapasitas diri bagi pendidik. Khususnya untuk memberikan pembelajaran yang ramah untuk anak di PAUDnya masing-masing. Dari hasil identifikasi ini akan dijadikan sebagai materi di Temu Inspirasi Pendidik PAUD sampai dengan akhir tahun 2016.

Adapun hasil identifikasi tersebut  beberapa hal, antara lain : Pembuatan APE dari bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan (dari bahan alam dan bahan bekas); Pendidikan karakter untuk anak usia dini; Menari atau gerak dan lagu; Melukis dengan bahan alam untuk anak usia dini.; Pengetahuan dan Pencegahan mengeni Jenis-jenis Kekerasan yang terjadi pada anak; dan Teknik mencipta lagu (sederhana, mudah dihafal, menarik dan memiliki pesan bagi anak). Materi-materi bahasan yang tersebut akan ditindak lanjuti menjadi jadwal TIPS yang akan dilengkapi dengan narasumber, waktu dan tempatnya.

Pada pertemuan pendidik ini juga digunakan untuk menindaklanjuti hasil diskusi pengembangan konsep PAUD Ramah Anak. Konsep PAUD RA tersebut disepakati akan dijadikan sebagai aturan di PAUD masing-masing sesuai dengan potensi dan kondisi disetiap PAUD.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s