Lingkungan Ramah Anak dibahas dalam TIPS Pendidik PAUD Weru

Temu Inspirasi Pendidik (TIPS) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas pendidik PAUD mengenai berbagai tema seputar PAUD yang menjawab kebutuhan. Pertemuan ini menjadi kegiatan rutin bagi para pendidik di 5 KB Taman Pintar dan 5 pos PAUD dampingan YSKK. TIPS pada bulan juli mengangkat tema “Lingkungan Ramah untuk Anak”.

 

Pada kegiatan TIPS VII ini, YSKK mengajak para pendidik untuk nobar (nonton bareng) film berjudul ‘The Beginning of Life’. Pemutaran film ini juga sebagai acara untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN-23 Juli). Film ini mengundang siapa saja menjadi seorang pembuat perubahan di masyarakatnya untuk peduli pada tahun-tahun pertama kehidupan seorang anak. Dapat disaksikan di film ini, bagaimana para narasumber mulai dari ahli, orang tua, guru, bahkan anak-anak menyampaikan pandangan mereka tentang tumbuh kembang anak, dan berbagai cuplikan adegan yang menjadi contoh.

Film dokumenter ini dengan menampilkan beragam pandangan banyak narasumber dari berbagai konteks budaya sosial. Nobar Film The Beginning of Life dan Diskusi Anak dan Lingkungannya, dilakukan pada hari Kamis 28 Juli 2016, bertempat di Pos PAUD Aisyiyah, desa Karakan Kec. Weru Kab. Sukoharjo. Secara keseluruhan, kegiatan ini dihadiri sebanyak 18 orang yang terdiri dari para pendidik PAUD dampingan YSKK, dan 2 orang tim YSKK.

Secara umum, keluaran yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain :

  1. Pembelajaran yang didapat oleh para pendidik setelah nobar. Antara lain sebagai berikut :
  • Jangan berikan apa yang anak minta. Tapi biarkan anak mendapatkan apa yang dia mau dari lingkungannya.
  • Setuju dengan istilah “anak bukan kertas kosong” karena mereka bisa mengeksplore kemampuan mereka dan bereksperimen yang bahkan kadang orang dewasa tidak melakukannya (mengajarkannya secara langsung). Bagaimanapun lingkungan sekitar mempunyai andil menginspirasi mereka.
  • Anak-anak hidup melalui bermain.
  • Tugas guru di sekolah adalah membuat konteks yang menarik.
  • Semua benda bisa dijadikan anak untuk mainan jadi orang tua tidak perlu membelikan semua mainan dengan tujuan anak mampu mengeksplorasikan imajinasi mereka, menciptakan sesuatu menjadi mainan, Dll.
  1. Terumuskannya hasil diskusi  “Anak dan Lingkungannya” (lingkungan ramah yang menstimulasi dan menjaga anak). Antara lain sebagai berikut :  Apa peran lingkungan sekitar anak bagi perkembangan anak ? Lingkungan sebagai media belajar bagi anak.; Lingkungan bisa menstimulus perkembangan anak.; Lingkungan sebagai sumber imajinasi anak.
  • Mungkinkah perkembangan anak terbantu dan terawat jika orang dewasa/orang tuanya memiliki sedikit waktu ? Lalu bagaimana ? Hal itu masih mungkin dilakukan, dengan :Waktu yang berkualitas dari orang tua untuk anak.; orang tua menjadi teman bicara bagi anak.; Orang tua menjadi pendengar yang baik bagi anak.; Orang tua menjadi teman bermain bagi anak.
  • Siapa yang bertanggung jawab untuk memastikan kondisi lingkungan ramah bagi anak ? Orang tua di rumah, Guru di sekolah, Keluarga (misal kakek & nenek), Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Pemerintah Desa.
Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s