Rapat Pleno Sekolah MANTAP sebagai Sarana Membangun Komunikasi dengan Orangtua

Pendidikan yang berkualitas adalah harapan bagi masa depan sebuah bangsa. Untuk mewujudkannya maka dibutuhkan adanya peran serta pemerintah dan masyarakat. Penyelenggaraan pendidikan yang dilandasi oleh kerjasama semua pihak diharapkan akan berdampak baik pada poses dan hasil belajar mengajar.

Partisipasi masyarakat menjadi hal yang perlu untuk dibangun. Perlu ada sarana komunikasi antara sekolah sebagai penyelenggara pendidikan, dengan orangtua maupun komite sekolah sebagai representasi dari masyarakat. Hal ini sebagai langkah awal untuk membangun partisipasi masyarakat. Untuk menjalin komunikasi tersebut, di SMP N 8 Surakarta digelar Rapat Pleno pada 24 Agustus 2016. Kegiatan ini dihadiri oleh orangtua siswa, komite sekolah, pihak sekolah dan perwakilan dinas pendidikan. Rapat Pleno tersebut menjadi sarana berkomunikasi antara pihak sekolah, komite sekolah dan orangtua siswa. Dalam kesempatan tersebut disampaikan Visi dan Misi Sekolah, Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana, Prestasi-prestasi yang dicapai, dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Orangtua pun diberikan kesempatan untuk menyampaikan tanggapan, pertanyaan maupun berbagai usulan kepada Sekolah.

Dari proses diatas mencerminkan bahwa ingin dibangunnya transparansi, akuntabilitas dan partisipasi di lingkungan SMP N 8 Surakarta. SMP di Kota Surakarta ini diinisiasi sebagai salah satu Sekolah Model MANTAP sejak tahun 2014 yang lalu. Sebuah sekolah yang mengedepankan Prinsip Manajemen  Transparan, Akuntabel dan Partisipatif (MANTAP). Salah satu yang menjadi prinsip di Sekolah MANTAP adalah prinsip partisipatif. Yaitu sebuah prinsip yang mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah dengan memperhatikan aspirasi, kebutuhan dan harapan masyarakat. Diharapkan dengan komunikasi serta keterbukaan yang dibangun pihak sekolah bersama orangtua maupun komite sekolah akan mendorong partisipasi masyarakat.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s