Anak Belajar dari Perilaku Orangtuanya

Senin, 26 September 2016 PAUD Mawar Biru Desa Jatingarang Kecamatan Weru, Sukoharjo menggelar Parenting Education dengan tema “Anak Belajar dari Perilaku Orangtuanya”. Parenting Education kali ini dihadiri sekitar 70 persen orangtua anak didik di PAUD tersebut.

“Rumah merupakan tempat pertama dan utama dimana seorang anak akan belajar. Tak hanya belajar tentang pengetahuan baru namun juga belajar untuk berperilaku. Dan dirumah orangtualah yang berperan menjadi pendidik sekaligus suritauladannya”  terang Yahnda Angga yang siang itu hadir memberikan materi parenting.

Dimanapun anak berada maka disanalah anak belajar. Di Sekolah, Perpustakaan, Masjid, Taman, Sawah, Lapangan atau di Rumah menjadi tempat anak mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan membentuk sikap/perilaku. Dan rumah menjadi tempat pertama seorang anak belajar. Ketika belum mengenal bangku sekolah mereka telah belajar banyak hal dari keluarganya. Ketika anak sudah mengenal sekolahpun rumah merupakan tempat dimana banyak waktu dihabiskan.

Ketika seorang anak belajar maka ada seorang pendidik yang mendampinginya. Ketika disekolah ada pendidik yang bernama guru, ketika di Masjid ada pendidik yang disebut ustad, ketika dirumah maka orang tualah yang menjadi pendidiknya. Kepada Orangtualah dimana anak pertama belajar banyak hal, termasuk belajar untuk berperilaku. Anak belajar berperilaku tidak hanya dari nasehat yang disampaikan oleh orang tua namun juga dari meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

 

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s