Pos PAUD Mawar Biru Bahas Implementasi Sekolah Ramah Anak

Dengan adanya konsep  penerapan ramah anak di PAUD, pendidik akan mendapatkan panduan yang detail untuk menciptakan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi anak” tutur Bunda Umu Arifiyah salah Satu Pendidik PAUD Mawar Biru setelah diskusi mengenai implementasi PAUD Ramah Anak pada Senin 26 September 2016.

Program sekolah ramah anak dirasa perlu dilakukan mulai dari jenjang pendidikan anak sedini mungkin dini. PAUD merupakan jenjang pendidikan pertama seorang anak mengenal lingkungan sekolah dan diharapkan menjadi pelopor layanan pendidikan yang ramah untuk anak didiknya. Diharapkan dengan adanya Program Sekolah Ramah Anak ini, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan segala keceriaannya perlu memastikan pendidikan mereka tanpa ada kekerasan, tanpa ada rasa takut sehingga anak mampu mengekspresikan dan mengaktualisasikan dirinya secara positif dalam berbagai bentuk.

Untuk menerapkan program sekolah ramah anak di PAUD perlu dirumuskan konsepnya dan diperkuat dengan adanya beberapa aturan untuk mendukungnya. Diskusi bersama dengan tiga pendidik Pos PAUD Mawar Biru siang itu untuk menindaklanjuti konsep PAUD Ramah Anak yang sudah dibahas sebelumnya. Siang itu ada 3 pokok bahasan yang dibahas terkait implementasri PAUD Ramah Anak, yaitu Citra Pendidik Ramah, Proses Pembelajaran dan Lingkungan Sekolah yang ramah.

Pendidik sebagai seseorang yang memfasilitasi proses stimulasi tumbuh kembang anak usia dini pendidik diharapkan dapat memenuhi dan melindungi hak-hak anak di PAUD. Dalam diskusi tersebut menghasilkan rumusan mengenai sikap dasar pendidik PAUD yang Ramah Anak. Adapun sikap dasar yang dimaksud antara lain;  Sabar, Murah senyum, Jujur, Supel, Berpenampilan menarik bagi anak (berpakaian yang sopan), Dapat masuk/mudah diterima oleh anak-anak dalam situasi apapun, Dapat menghargai anak, Dapat memberi dan menjadi contoh, Ramah pada anak di PAUD dan lingkungan rumah, Santun dalam menyampaikan setiap perkataan, Sering mengajak ngobrol sama anak, Selalu menyapa dimanapun bertemu dengan anak, Mampu memahami karakter anak didik, Mau minta maaf jika melakukan kesalahan, Pendidik terampil dalam tari/gerak lagu, nyanyi, dongeng, Menjadi pendengar yang baik, Responsif terhadap perilaku dan pertanyaan anak, Mampu menjadi teman bermain, Mampu menggunakan bahasa yang dipahami anak, Bertanggung jawab (tepat waktu, disiplin di sekolah), Mampu menghibur anak (lucu), Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

Proses pembelajaranpun menjadi salah satu hal penting dalam penerapan PAUD ramah anak. Mulai dari sebelum pembelajaran, saat pembelajaran dan setelah pembelajaran.  Peran pendidikpun sangat berpengaruh dalam memfasilitasi pembelajaran yang ramah anak. Saat sebelum pembelajaran pendidik datang lebih awal dari anak, Membersihkan tempat belajar, Menyiapkan peralatan untuk proses pembelajarn,  Menyambut kedatangan anak dengan penuh semangat (senyum, salam, sapa), Memulai belajar tepat waktu, Mengkondisikan anak untuk siap belajar dengan ramah, Mengkondisikan anak dan orang tua untuk siap berpisah sementara, Berpenampilan bersih dan wangi. Sedangkan Saat Pembelajaran  pendidik Menjadi teman bermain, Menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak, Menjadi pendengar yang baik bagi anak, Responsif terhadap perilaku anak, Kegiatan/materi yang berpusat pada anak, Terampil dalam memfasilitasi pembelajaran, Menggunakan APE yang menarik, Mampu menjadi pusat perhatian, Menghargai karya anak, Energik (aktif bergerak), Menghibur dan memotivasi, mereview-merecalling bersama anak kegiatan hari ini. Termasuk setelah pembelajaran  selesai pendidik Memberi salam, Berpesan kepada anak ( melalui janji pulang sekolah dan berpesan masuk di hari berikutnya), Menghantar/memastikan anak sampai pada orang tua/keluarga, Membereskan dan membersihkan ruangan, Membuat rencana kegiatan harian dan Melakukan evaluasi pembelajaran dan penilaian.

Selain citra pendidik dan proses pembelajaran yang ramah anak, dibahas pula terkait lingkungan sekolah yang ramah untuk anak. Lingkungannya bersih, jauh dari polusi, Tersedia kamar mandi dengan air bersih dan mengalir, Adanya tanaman peneduh, Jajanan yang sehat dan aman buat anak, Tersedia tempat sampah, alat kebersihan dan P3K. Ruang kelasnya yang Sirkulasi udaranya baik, Pencahayaan cukup, Lantai bersih, Tidak panas, Penataan ruang kelas menarik. Alat Peraga Edukatifnya (APE) yang dikembangkan di Pos PAUD Mawar Biru ini mengembangkan dari barang bekas yang aman, juga menggunakan APE yang berbasis budaya lokal, alat bermain juga Tidak karatan, tidak mudah rusak, Tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak tajam, tidak terlalu tinggi.

 

 

 

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s