Membuka Akses Pendidikan bagi Anak Usia Dini

Tantangan dunia PAUD salah satunya adalah bagaimana caranya membuka akses pendidikan bagi anak usia dini. Khususnya didaerah pedesaan dengan geografis yang berbukit-bukit seperti di Kecamatan Weru. Sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Sukoharjo yang berada paling selatan, berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunungkidul.

Tantangan yang dihadapi untuk membuka akses PAUD di kecamatan Weru ada beberapa hal. Daerah Weru yang mayoritas pedesaan berpengaruh pada keterbatasan pengetahuan orangtua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini. Lokasi Geografis di Kecamatan Weru juga menjadi salah satu yang menyebabkan masih banyak anak usia dini yang mengakses PAUD.

Tantangan diatas membuat para pendidik PAUD bergerak untuk membukakan akses pendidikan bagi anak usia dini di daerahnya. Mereka mengkampanyekan pentingnya PAUD diberbagai kesempatan. Sosialisasi mulai dari kegiatan posyandu. Pemilihan Posyandu sebagai saluran sosialisasi dirasa tepat dan hemat. Hal karena inilah kegiatan tersebut fokus dan terkait langsung dengan tumbuh kembang anak, sehingga tepat jika membahas mengenai pentingnya PAUD bagi  anak usia dini. Hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengumpulkan masyarakat dalam sebuah pertemuan tersendiri. Strategi ini banyak dilakukan oleh Taman Pintar dan Pos PAUD. Bentuk sosialisasi lain yang dilakukan oleh para pendidik yaitu dari rumah ke rumah, melalui pertemuan PKK, pengajian, maupun sarasehan warga.

“Sosialisasi kepada orangtua, kami lakukan melalui posyandu balita. Harapannya orangtua bisa tahu tentang pentingnya PAUD bagi anak usia dini sehingga mau memasukkan anaknya ke PAUD” terang Bunda Lastri, salah satu pendidik PAUD Taman Pintar Nurul Amal Desa Alasombo.

Tantangan lain yang ditemui yaitu kondisi georgafis daerah di Kecamatan Weru yang luas dan berbukit-bukit. Ada banyak anak-anak yang tinggal jauh dari lokasi PAUD. Strategi yang dilakukan agar anak-anak tersebut dapat mendapatkan stimulasi tumbuh kembang sejak dini yaitu dengan mengadakan program PAUD Kunjungan.

Kehadiran PAUD Kunjungan ini untuk mengupayakan pemerataan dalam mengakses pendidikan bagi anak usia dini. Kerjasama yang dijalin oleh pendidik dengan berbagai pihak baik pengurus PAUD, pemerintah desa, tokoh masyarakat maupun warga sekitar membuat program ini mendapatkan dukungan. Dukungan yang diberikan antara lain berupa tempat belajar, dana dan mainan bagi anak-anak di PAUD Kunjungan.

Begitu banyak tantangan yang dihadapi untuk membuka akses PAUD bagi anak-anak di Kecamatan Weru. Namun para pendidik PAUD yang ada disana tidak akan menyerah. Tetap teguh mengemban amanah sebagai Srikandi PAUD, yang berjuang bagi anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik di usia emasnya. Para pejuang tangguh yang ingin menghantarkan anak-anak lebih dekat dengan cita-cita mereka.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s