PAUD Ramah Butuh Dukungan Orangtua

PAUD merupakan jenjang pendidikan pertama seorang anak mengenal lingkungan sekolah dan diharapkan menjadi pelopor layanan pendidikan yang ramah untuk anak didiknya. Diharapkan dengan adanya PAUD Ramah Anak, anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan segala keceriaannya perlu memastikan pendidikan mereka tanpa ada kekerasan, tanpa ada rasa takut sehingga anak mampu mengekspresikan dirinya secara positif dalam berbagai bentuk. Terselenggaranya PAUD ramah anak ini tentunya menjadi tanggungjawab berbagai pihak baik pendidik dan pengurus PAUD, masyarakat sekitar maupun orangtua anak usia dini.

Pendidik sebagai elemen yang bersentuhan langsung dalam proses stimulasi tumbuh kembang anak usia dini diharapkan dapat memenuhi hak-hak anak di PAUD. Pendidik membangun komunikasi dan pendekatan yang ramah pada anak. Melalui pembelajaran yang mendidik, menyenangkan dan berbudaya. Serta menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, aman dan nyaman. Pengurus juga memiliki peran yang cukup strategis yaitu berperan dalam mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang ramah bagi anak. Masyarakat juga memiliki peran dalam menciptakan lingkungan masyarakat di sekitar sekolah yang mendukung terhadap program ramah anak.

Begitu pula orang tua, adalah elemen penting dalam mewujudkan pendidikan anak sejak usia dini yang ramah. Ada berbagai bentuk dukungan orang tua yang dapat dilakukan untuk mendukung program ramah anak. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak merokok ketika masuk area sekolah. Menyediakan makanan sehat untuk anak dengan membawakan bekal yang tidak mengandung zat-zat yang tidak baik bagi anak, seperti pengawet atau pemanis buatan. Berbicara santun kepada anak atau disekitar anak karena anak-anak bisa menirukan perkataan orangtua, maka berbicaralah dengan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti anak dan mendidik bagi anak. Berperilaku sopan bisa di terjemahkan dalam hal berpakaian maupun bertingkah laku, karena anak sering mencontoh tindakan-tindakan orang yang ada disekitarnya. Tidak melakukan tindak kekerasan terhadap anak baik kakerasan yang bentuknya fisik maupun psikis.

Dukungan orangtua sangatlah berdampak penting untuk mewujudkan program sekolah ramah anak. Terkait dengan hal itu maka perlu ada strategi yang dikembangkan untuk mendorong peran serta orangtua dalam mewujudkan PAUD Ramah Anak. Strategi yang dilakukan Taman Pintar-Pos PAUD di Kecamatan Weru untuk mendorong dukungan orangtua dengan menggunakan media Parenting Education.

Parenting Education adalah sebuah sarana transfer pengetahuan, sikap dan keterampilan kepada para orangtua terkait dengan pengasuhan anak usia dini. Parenting education diyakini mampu mentransfer mengenai pendidikan ramah anak kepada orangtua. Pada Bulan Oktober 2016 ini di Taman Pintar dan Pos PAUD di Kecamatan Weru akan diadakan sosialisasi mengenai PAUD Ramah Anak kepada para orangtua dan pengasuh anak usia dini.

Diharapkan kerjasama segenap pihak termasuk pendidik dan orangtua dapat mewujudkan PAUD Ramah Anak sebagai sekolah yang aman, nyaman dan menyenangkan untuk anak.

Advertisements
By YSKK

One comment on “PAUD Ramah Butuh Dukungan Orangtua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s