Menjaga Keberlanjutan PAUD Melalui Kewirausahaan Sosial

Hadirnya Lembaga PAUD diberbagai daerah menjadi dampak positif dalam upaya peningkatan kualitas hidup anak usia dini, khususnya yang berada di wilayah pinggiran dan pedesaan. Namun, harus difikirkan pula bagaimana PAUD yang ada tetap bertahan seiring berjalannya waktu. Perlu ada inovasi dari lembaga PAUD agar lebih mandiri. Inovasi yang dilakukan PAUD Candi Asri  ada di Desa Ngreco Kecamatan Weru adalah dengan mengembangkan Kewirausahaan Sosial.

Kewirausahaan sosial yang dikembangkan memiliki prinsip bahwa kegiatan tersebut mengandung nilai pemberdayaan masyarakat yaitu menciptakan kesejahteraan sosial masyarakat sekaligus menghasilkan keuntungan finansial bagi PAUD. Memang bukan hal mudah untuk memadukan prinsip pemberdayaan dengan bisnis, tapi hal inilah yang menjadi kekhasan dari konsep kewirausahaan sosial. Kewirausahaan sosial yang dikembangkan juga didasarkan pada potensi yang dimiliki PAUD dan kondisi masyarakat setempat.

Langkah pengembangan usaha ini dirintis sejak tahun 2012. Melalui sebuah Workshop Perencanaan Usaha, pengurus dan pendidik berkumpul merancang unit usaha yang sesuai dengan potensi di wilayahnya masing-masing. Berdasar workshop tersebut akhirnya PAUD Candi Asri menyepakati Penyertaan Modal dan Pengadaan (Amprah) Barang sebagai jenis usaha yang dikembangkan.

Jenis usaha penyertaan modal dilakukan melalui kerjasama  dengan masyarakat sekitar yang memiliki usaha atau mengembangkan usaha. Jenis usaha, jangka waktu  dan Pembagaian keuntungan dibahas dan disepakati bersama oleh pengelola unit usaha PAUD dan Mitra Kerja.

Sedangkan usaha pengadaan(amprah) barang  dilakukan dengan menyediakan barang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Pembayaran dilakukan secara diangsur sebanyak 5 kali sampai 15 kali tergantung besarnya nilai barang. Keuntungan yang diperoleh berasal dari prosentase atas nilai barang yang diamprah. Barang-barang yang diamprah antaralain seperti alat elektronik, mebel, maupun pakaian. Prosesnya juga dilakukan secara terbuka, orang yang akan mengamprah barang dipersilahkan memilih barang yang diinginkan baik jenis, merk dan harganya. Sehingga pengamprah tahu betul kondisi barang dan berapa besaran keuntungan yang diterima oleh unit usaha PAUD.

Keuntungan yang didapatkan dari unit usaha penyertaan modal dan amprah barang di PAUD Candi Asri ini menjadi salah satu alternatif pemasukan dana bagi PAUD. Sehingga bisa berkontribusi untuk menopang kebutuhan operasional PAUD, sekaligus menjaga keberlanjutan manfaat yang didapaatkan dari keberadaan PAUD.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s