Semangat Pendidik PAUD Cerminkan Semangat Kartini di Masa Kini

Tanggal 21 April adalah tanggal kelahiran seorang pahlawan wanita yang bernama Raden Ajeng Kartini. Pahlawan bangsa yang memperjuangkan hak kaum wanita agar memperoleh pendidikan. Beliau berjuang dengan mendirikan sekolah bagi kaum wanita.

Sejalan dengan semangat Kartini yang ingin mencerdaskan bangsanya melalui pendidikan, semangat itupun juga tercermin pada diri para pendidik PAUD di Kecamatan Weru. Mereka berjuang membuka akses pendidikan bagi anak-anak generasi penerus bangsa yang ada di sekitar mereka. Mereka berjuang mendirikan PAUD sebagai sarana untuk menstimulasi tumbuh kembang anak di usia emasnya.

Para pendidik tak kenal lelah berjuang dengan hati, waktu dan pemikirannya demi terpenuhinya pendidikan bagi anak usia dini. Para pendidik menjadi garda terdepan dalam proses pendidikan yang bersentuhan langsung dengan anak-anak. Mendidik dengan penuh semangat, keceriaan dan keramahan. Menjadi sosok ceria ketika bermain bersama anak. Menjadi teman bicara yang ramah bagi anak. Serta menjadi sosok motivator yang senantiasa menyemangati hati anak-anak didiknya.

YSKK yang hadir mendampingi 10 PAUD di Kecamatan Weru melihat begitu besar semangat dan kepedulian sosial para pendidik PAUD ini. Total ada 27 orang pendidik di 10 PAUD tersebut. Sebagian besar pendidik tersebut dulunya merupakan kader perempuan yang aktif di desa baik sebagai kader Posyandu, kader PKK, maupun kader Bina Keluarga Balita. Mereka terpanggil untuk membuka akses pendidikan anak usia dini di desanya. Memberanikan diri untuk mengambil peran sebagai seorang Pendidik PAUD.

Pengorbanan secara materiil pun sudah menjadi hal yang biasa bagi para pendidik.  Honor pendidik PAUD yang tidak besar jumlahnya pun disikapi dengan bijak. Keiklasan dan jiwa kesukarelawanan yang tak diragukan selama menjadi kader desa, meneguhkan hati mereka untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak penerus bangsa yang ada disekitar mereka.

“Saya menjadi pendidik PAUD karena suka dengan dunia anak-anak… ingin berbagi ilmu dan mencerdaskan anak-anak disekitar kita… Walaupun saya sadar tidak bisa mendapatkan materi lebih  dari sini, namun saya tetap semangat dan yakin rezeki akan datang dari manapun jalannya” ungkap Bunda Rida Panca Rahmawati salah satu pendidik PAUD Taman Pintar Candi Asri yang dulunya seorang kader Posyandu di dusun Candi Desa Ngreco Kecamatan Weru.

Tantanganpun mengiringi perjuangan sang bunda pendidik PAUD.  Mulai dari belum sampainya jangkauan informasi mengenai pentingnya PAUD kepada banyak orang tua  di Kecamatan Weru. Hal ini  membuat banyak orangtua belum tergerak untuk mengikutkan anaknya di PAUD. Kondisi inilah yang mendorong para pendidik untuk mensosialisasikan pentingnya PAUD kepada masyarakat. Sosialisasi dilakukan dalam berbagai kesempatan mulai di kegiatan posyandu, melalui sarasehan warga hingga berkunjung dari rumah ke rumah.

Tantangan lain yang ditemui yaitu kondisi georgafis Weru yang berbukit-bukit tak menyurutkan semangat mereka. Strategi yang dilakukan agar anak-anak yang jauh dari jangkauan PAUD tetap tersetimulus tumbuh kembangnya yaitu dengan mengadakan program PAUD Kunjungan. Hal ini dilakukan untuk mengupayakan pemerataan pendidikan bagi anak usia dini.

Berbagai tantangan yang dihadapi oleh para Pendidik PAUD di Kecamatan Weru tak menyurutkan perjuangan mereka. Mereka tetap teguh dan bersemangat untuk mengemban amanah sebagai pejuang pendidikan. Berjuang bagi anak-anak, untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik di usia emasnya. Berjuang menghantarkan agar lebih dekat dengan cita-citanya. Seperti semangat kartini yang ingin mencerdaskan bangsanya, para pendidik juga bersemangat untuk membawa generasi penerus bangsa ke masa depan yang lebih baik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s