Menyusun Strategi Promosi Bagi Lembaga PAUD

Tahun ajaran baru akan segera hadir dan sekolah perlu melakukan persiapan guna menyambut peserta didik baru. Penerimaan peserta didik baru (PPDB) perlu dipersiapkan dengan baik termasuk oleh Lembaga PAUD. Hal ini perlu dimulai dengan mengadakan pengenalan/promosi mengenai keberadaan PAUD kepada masyarakat umum maupun orangtua anak usia dini. Sebelum melakukan proses promosi maka perlu terlebih dahulu menyusun strategi promosi yang efektif dan menarik. Hal inilah yang dilakukan oleh Kelompok Bermain dan Pos PAUD di Kecamatan Weru yang menjadi dampingan Yayasan Satu Karsa Karya(YSKK), pada hari Selasa 23 Mei 2017 bertempat di PAUD Cahaya Hati Desa Krajan Kecamatan Weru, 7 Lembaga PAUD yang hadir dalam kegiatan Temu Inspirasi Pendidik Serial (TIPS) tersebut berdiskusi mengenai “Strategi Promosi Bagi Lembaga PAUD”.

Kreatifitas setiap sekolah dalam merencang strategi promosi sekolah menjadi hal paling penting dan menentukan untuk suksesnya kegiatan PPDB. Seiring dengan tingginya pertumbuhan jumlah lembaga PAUD di Kecamatan Weru, membuat orang tua akan memiliki banyak pilihan dan akan semakin selektif untuk memilih sekolah bagi anak-anaknya. Di sisi lain, hal ini menjadi salah satu tantangan bagi lembaga PAUD.  Agar Lembaga PAUD menjadi pilihan utama orangtua menyekolahkan anaknya, maka perlu untuk mengenalkan diri dengan segala keunggulan, program dan prestasi yang dimiliki.

Melalui kegiatan TIPS di bulan Mei ini YSKK memfasilitasi para pendidik dan pengurus PAUD untuk berdiskusi bagaimana menyusun kegiatan promosi yang menarik, mengemas pesan yang baik, memilih saluran dan media komunikasi yang tepat serta menyusun anggaran yang dibutuhkan untuk promosi. Hasil dari kegiatan ini yaitu tersusunlah strategi promosi di 7 Lembaga PAUD. Adapun beberapa strategi yang dipilih antaralain Sosialisasi melalui Posyandu dan pertemuan-pertemuan yang sudah ada di masyarakat, menggelar parenting education untuk orangtua anak usia dini, membuat brosur dan spanduk, menginformasikan dari orang perorang maupun memanfaatkan media sosial.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s