Kenalkan PAUD, Kelompok Bermain dan Pos PAUD di Kecamatan Weru Gelar Expo

Tak seperti biasanya pagi itu di Kantor Kecamatan Weru nampak kemeriahan anak-anak beserta orangtuanya. Ternyata pagi itu, Jumat, 14 Juli 2017 digelar “Expo PAUD dan Talkshow Parenting’, yang diadakan oleh 10 PAUD dampingan YSKK dari 8 desa di Kecamatan Weru. Kegiatan yang dihadiri lebih dari 200 peserta tersebut dilaksanakan dalam momentum penerimaan anak didik baru sekaligus menyambut Hari Anak Nasional.

Kegiatan ini berlangsung meriah dengan menghadirkan Expo PAUD yang menampilkan stand-stand dengan tema berbeda-beda berdasarkan pada keunggulan atau kekhasan setiap PAUD. Ada stand yang dipenuhi dengan boneka dan buku dongeng, tepatnya di Stand yang dibuka oleh PAUD Nurul Ilmi Desa Alasombo. PAUD Nurul ilmi merupakan PAUD yang mengedepankan pendidikan karakter kepada anak dengan media dongeng. Dongeng dipercaya sebagai sarana yang ramah dan menyenangkan untuk membangun komunikasi, penanaman peran moral dan pengetahuan kepada anak usia dini.

PAUD Aisyiyah Desa Karakan menampilkan berbagai permainan dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Koran, kardus, kalender maupun botol bekas bisa disulap menjadi mainan yang dapat merangsang perkembangan anak. Misalnya saja kotak kardus yang bisa disulap menjadi APE di enam sisinya, ada sisi kasar halus, ada sisi mencari jalan, ada sisi ular tangga, dll. Adapula kertas koran yang bisa dibuat miniatur sebuah gunung untuk mengajarkan anak tentang benda dan gejala alam.

Adapula yang stand yang bertemakan budaya lokal seperti yang ditampilkan oleh PAUD Mawar Biru Desa Jatingarang dan PAUD Cahaya Hati Desa Krajan. Stand dipenuhi dengan berbagai mainan dan pernak-pernik yang sarat akan kekayaan budaya setempat, seperti Jaranan, egrang batok, bakiak maupun wayang. Budaya lokal dalam bentuk berbagai permainan tradisional, lagu, tari maupun berbagai kearifan lokal diyakini mampu menstimulasi tumbuh kembang anak.

Berbeda dengan PAUD lain, PAUD Candi Asri Desa Ngreco menggelar berbagai jajan sehat dimeja standnya. Hal ini sejalan dengan program unggulan mereka yaitu program Cinta MAMA yang kepanjangannya Cinta Makanan Aman dan Menarik bagi Anak. Aneka jajanan sehat tersebut antaralain jus aneka buah, puding aneka rasa, lemet dan jajanan lainnya. Makanan-makanan tersebut merupakan hasil karya para pendidik maupun orangtua dengan bahan yang sehat dan bentuk yang menarik dikonsumsi anak-anak.

Adapula PAUD yang menampilkan stand dengan aneka mainan berbahan alam seperti yang ditampilkan PAUD Pamardi Yoga Desa Karangmojo dan PAUD Nurul Amal Desa Alasombo. Banyak mainan seperti mobil-mobilan dari kulit jeruk, jaranan dari pelepah pisang ataupun mahkota dari daun mangga.

“ PAUD kami memanfaatkan berbagai kekayaan alam untuk sarana bermain anak, seperti membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk, wayang dari tangkai daun singkong, anyaman dari daun pisang,….. dengan berbagai mainan tersebut anak dapat terstimulus perkembangannya di Pamardi Yoga” ungkap Bunda Any pendidik PAUD Pamardi Yoga.

Ada juga stand PAUD Permata Hati Desa Ngreco dan PAUD Mawar Desa Karanganyar yang membuka arena bermain APE (Alat Peraga Edukatif). Stand ini dipenuhi kemeriahan anak-anak yang bermain aneka maianan, seperti balok, lego, dakon maupun puzzel.

Sedangkan talkshow parenting digelar  untuk memberikan pemahaman orang tua anak usia dini mengenai perkembangan anak di usia golden age dan pentingnya PAUD,  sekaligus memberikan tips bagaimana orang tua memilih lembaga PAUD untuk anaknya. Melalui kegiatan ini, lembaga PAUD  juga ikut berperan serta mengedukasi masyarakat mengenai konsep pendidikan yang ramah bagi anak usia dini.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s