Merayakan Hari Anak dengan Keluarga di Taman Ramah Anak

Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari Minggu, 23 Juli 2017 lalu, kami dirayakan dengan liburan Keluarga. Bersama dengan anak-anak, kami sekeluarga berkunjung ke Taman Ramah Anak “Ceria” Karanganyar.  Aneka permainan nan bermanfaat bagi anak-anak tersaji di taman ini. Taman ini juga banyak mengkampanyekan pesan tentang ramah lingkungan dan ramah anak.

Ketika  kami masuk di taman “Ceria” suasana teduh nan asri langsung menyambut kedatangan kami. Pepohonan yang ada di taman ini seperti memayungi anak-anak saat bermain di bawahnya. Aneka tanaman dengan pot-pot gantung berwarna-warni memperindah pemandangan. Pot yang berbentuk karakter hewan, buah dan sayur tersebut pun terbuat dari botol-botol bekas yang dicat warna-warni. Semakin menguatkan pesan ramah lingkungan di taman ini.

Berbagai permainan ada di taman ini mulai dari ular tangga sampai aneka permainan tradisional. Ayunan, prosotan, jungkat-jungkit menjadi primadona yang dimainkan anak-anak. Permainan yang merangsang motorik dan sosial anak tersebut dilengkapi dengan pengaman seperti karpet karet di area prosotan maupun ban karet di mainan jungkat jungkit. Jadi anak tetap aman ketika asyik bermain.

Aneka permainan tradisional yang ada di taman ini antara lain dakon, engklek, catur tiga dan gobak sodor. Permainan tradisional yang begitu semangat dimainkan anak saya yaitu Engklek atau yang sering dikenal dengan nama Sundamanda. Permainan tradisional ini selain asyik untuk dimainkan juga bermanfaat menstimulus perkembangan anak. Mulai dari aspek motorik, anak akan terstimulus dengan melompat satu kaki, berusaha menjaga keseimbangan untuk melewati bidang engklek. Social emosional anak juga terstimulus, dengan bersosialisasi ketika bermain bersama teman-temannya dan sabar menunggu giliran. Moral juga terdidik karena anak dapat belajar tentang sportifitas dan disiplin mengikuti aturan main. Kognitif anak juga terasah, pertama anak akan mengenal bentuk bangun datar dan kedua melatih anak berstrategi dengan memilih letak bintang agar memudahkan lompatan.

Taman ini juga kaya akan pesan moral untuk para orangtua. Pesan tentang ramah anak ada di berbagai tempat di taman ini. Mulai dari pesan mengenai peran orangtua dalam memberikan perlindungan kepada anak dari segala bentuk kekerasan. Ada pula pesan mengenai pentingnya ASI Eksklusif. Ada juga pesan tentang pentingnya komunikasi antara orangtua dengan anak.

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s