YSKK Gelar Diskusi “Bagaimana Strategi Penggalangan Sumber Daya Sekolah yang Efektif?”

Peran Komite Sekolah sangat strategis dalam penggalangan sumber daya bagi sekolah. Dimana komite sekolah mengemban tugas untuk menggalang dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat baik perorangan/organisasi/dunia usaha/dunia industri maupun pemangku kepentingan lainnya melalui upaya kreatif dan inovatif. Lahirnya Permendikbud 75 tahun 2016 memberi keleluasaan bagi sekolah dalam menggalang sumber daya. Akan tetapi, di satu sisi kebijakan tersebut juga membatasi sekolah untuk menghimpun sumber daya dari lingkup internal—dalam hal ini orang tua.

Kondisi ini menuntut Komite Sekolah memiliki kapasitas yang cukup dalam menggalang sumber daya yang kreatif dan tetap seasuai dengan aturan yang berlaku. Merujuk pada hal tersebut, Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) sebagai organisasi masyarakat sipil yang memiliki fokus gerakan terhadap isu pendidikan pada Senin, 11 September 2017 yang lalu menyelenggarakan diskusi bertajuk “Bagaimana Strategi Penggalangan Sumber Daya Sekolah yang Efektif?”. Kegiatan ini berlangsung di Sekretariat Dewan Pendidikan Kota Surakarta. Kegiatan ini memiliki bertujuan untuk  mengidentifikasi berbagai alternatif strategi penggalangan sumber daya oleh sekolah yang sesuai dengan ketentuan.

Dalam kegiatan ini menghadirkan empat narasumber yaitu Bapak Nugroho, MPd, Kepala  SMP N 9 Surakarta yang menyampaikan terkait “Bagaimana pengalaman mengoptimalkan penggalangan sumber daya di sekolah?”; Bapak Rama Zakaria, Sustainable Development-AQUA Klaten yang menyampaikan terkait “Bagaimana peluang dan mekanisme kemitraan antara CSR dan sekolah?”; Bapak Supanto, SH, MH dari Satgas Saber Pungli Kota Surakarta yang menyampaikan materi dengan tema “Apa yang boleh dan tidak boleh dalam penggalangan sumber daya oleh sekolah?“; dan Kangsure Suroto, Pegiat Pendidikan dan Direktur Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) yang menyampaikan materi dengan tema “Bagaimana memperkuat peran Komite Sekolah?”

Adapun peserta yang terlibat dalam diskusi ini dari berbagai unsur, terdiri dari unsur Dinas Pendidikan, Inspektorat, Dewan Pendidikan, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah, Mahasiswa, Media, LSM dan pegiat pendidikan di Kota Surakarta.

 

Advertisements
By YSKK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s