dari geguritan sampai mentok-mentok

Talkshow Interaktif “ Budaya Lokal yang Mengglobal dalam PAUD” yang diadakan oleh YSKK di RM Padang Embun Pagi pada hari Kamis, 12 Juni 2014. Kegiatan ini melibatkan Secara umum tujuan kegiatan ini adalah membangun kesadaran kolektif “Pentingnya mengintegrasikan budaya lokal dalam kegiatan anak usia dini di lembaga PAUD”. Keluaran dari kegiatan ini yaitu Meningkatnya kesadaran dan motivasi para pegiat PAUD untuk mengintegrasikan budaya lokal dalam kegiatan anak di lembaga PAUD. Kegiatan ini diikuti oleh 88 orang (68,22 %) yang berasal dari Dinas Pendidikan, HIMPAUDI, IGTKI, Perguruan Tinggi, Peserta Pentas Kreasi Budaya Lokal Lembaga PAUD dan Mahasiswa PG PAUD di Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya.

Talkshow ini menampilkan empat narasumber, Akademisi: Ilham Sunaryo, M.Pd selaku Dosen PG PAUD UMS; Dra. Siti Nurngaeni, M.Pd selaku Kabid PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo; Dewangga Saputra dari Yayasan Satu Karsa Karya; dan Dwi Arsini selaku Pendidik Pos PAUD Mawar Biru.

Dalam talkshow ini menampilkan 6 tampilan kreasi budaya local dari 19 anak usia dini yang berasal dari Tiga Taman Pintar dan dua Pos PAUD yang terdiri mulai dari tampilan geguritan, mocopat, gerak dan lagu dolanan anak (pitik tukung, mentok-mentok, gundul-gundul pacul dan jamuran).

“ Merupakan hal yang berkesan melihat anak-anak tampil dalam talkshow…. Sejak mengenal gerak dan lagu/tarian dolanan, anak-anak jadi lebih semangat, periang dan percaya diri. Anak-anak juga tampil di hadapan ibu kepala desa, bidan desa dalam parenting education di posyandu” ungkap ibu Yuni salah satu pendidik Pos PAUD Mawar Biru yang anak didiknya tampil dalam Talkshow membawakan gerak dan lagu mentok-mentok.

By YSKK

Leave a comment